10 Tanda Cowok Red Flag, Gak Banget untuk Jadi Pasangan

Ilustrasi seorang pria terlihat mengantuk ketika sedang makan.
Sumber :
  • Eat This

VIVA –  Menemukan pasangan yang tepat adalah dambaan setiap orang. Namun, mencari pasangan nyatanya cukup sulit. Ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. 

Terpopuler: Profil Amanda Rigby, hingga Boy William Beberkan Status Hubungan dengan Ayu Ting Ting

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal yang membuat sakit hati. Salah satunya adalah sifat dan karakter calon pasangan.

Dalam proses pencarian tersebut, penting untuk mewaspadai beberapa sifat cowok red flag. Red flag merupakan bahasa gaul yang populer belakangan ini. Red flag dimaknai sebagai tanda bahaya dalam hubungan yang merujuk pada perilaku tidak sehat atau manipulatif. 

Dikabarkan Dekat dengan Sintya Marisca, Seperti Apa Kriteria Wanita Idaman Abidzar Al Ghifari?

Seseorang yang memiliki sifat red flag harus diwaspadai karena dapat membahayakan kebahagiaan dan kesehatan mental dan fisik. meski bisa terjadi pada perempuan maupun pria, tetapi kisah viral di media sosial lebih banyak memperlihatkan tanda bahaya muncul dari kalangan adam.

Mengutip Business Insider dan BetterUp, berikut tanda cowok red flag yang sebaiknya dihindari para perempuan. Apalagi jika untuk dijadikan sebagai pasangan, nggak banget!

Abidzar Al Ghifari Ungkap Status Hubungan dengan Sintya Marisca, Beneran Pacaran?

Tanda Cowok Red Flag

Ilustrasi pria

Photo :
  • Instagram/aminiofficialshop

1. Sering Berbohong

Kejujuran adalah landasan penting dalam sebuah hubungan. Jika dia sering berbohong dan tidak jujur, kamu sulit untuk membangun rasa percaya untuk membentuk hubungan yang sehat. Tak peduli apakah kebohongan kecil atau kebohongan besar. Sering dibohongi akan menimbulkan rasa kekecewaan yang mengantarkan pada kehancuran hubungan. 

2. Suka Mengontrol dan Manipulatif

Tanda cowok red flag lainnya adalah suka memanipulasi dan mengatur selalu berusaha mengendalikan situasi dan orang lain. Tipikal pria ini mungkin menggunakan kata-kata atau tindakan untuk membuat kamu merasa bersalah, malu, atau tidak berharga. Tujuannya agar kamu menuruti mau kemauan mereka. Sesederhana mengatur pakaian sudah mengisyaratkan dia termasuk kategori cowok red flag.

Ilustrasi pria.

Photo :
  • Pixabay/pexels

3. Sering Merendahkan Pasangannya

Kritik yang membangun memang perlu, tetapi jika kritik tersebut selalu negatif justru mempengaruhi kesehatan mental pasangannya. Pria yang kerap menilai atau mengkritik secara halus maupun blak-blakan dapat mempengaruhi rasa percaya diri pasangannya bahkan merasa jadi tidak berharga. Sikap ini jangan dianggap remeh karena tindakan tersebut termasuk kekerasan mental yang dapat menyebabkan depresi.

4. Memiliki Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol berlebihan, atau menggunakan narkoba dapat menjadi tanda bahaya. Kebiasaan ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga dapat mempengaruhi keuangan, hubungan, dan aspek kehidupan lainnya.

5. Sulit Mengendalikan Emosi

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi dengan baik. Pria dengan tingkat kecerdasan emosional rendah tidak mampu memahami perasaan dan berempati kepada pasangannya. Hal itulah sering kali mengakibatkan konflik atau drama manipulasi yang tidak perlu. 

Ilustrasi pria marah/emosi.

Photo :
  • Freepik/nakaridore

6. Sedikit Memiliki Teman

Sedikit mempunyai teman ternyata jadi pertanda pria itu memiliki sifat red flag yang harus kamu hindari. Hal itu menunjukkan pria tersebut menunjukkan cowok itu tidak memiliki keterampilan sosial yang baik untuk menjalin atau memelihara hubungan yang baik dengan orang lain. Tidak mempunyai banyak teman juga menunjukan dia terlalu bergantung atau menuntut terlalu banyak sehingga membuat orang lain tidak nyaman untuk berteman.

7. Posesif dan Cemburu Berlebihan

Sikap posesif dan cemburu sebenarnya sah-sah saja. Asalkan masih dalam batas yang wajar. Namun, jika kecemburuan menjadi berlebihan dan posesif, ini merupakan tanda bahaya. 

Cowok posesif biasanya selalu ingin tahu keberadaan, membatasi pergaulan, bahkan memeriksa ponsel secara diam-diam. Tindakan tersebut membuat tak nyaman bagi sebagian perempuan apalagi jika terkesan mengekang sehingga menyulitkan kamu untuk bersosialisasi dengan sahabat.

Ilustrasi pasangan

Photo :
  • Freepik/

8. Cenderung Menghindari Konflik

Maksud dari menghindari konflik adalah tidak mau menyelesaikan masalah dalam hubungan dengan segera. Pria tipikal ini justru akan menghindar dengan alibi ingin melindungi hubungan dari kehancuran karena pertengkaran. 

Padahal pasangan yang tidak mau berkompromi untuk menyelesaikan masalah dan lebih melarikan diri justru dapat merusak hubungan. Biasanya pria tipikal ini akan melakukan silent treatment (mengabaikan dan tidak menghubungi selama berhari-hari). Keadaan hubungan ini akan menyebabkan kerenggangan. 

9. Narsisme

Narsisme merupakan obsesi terhadap diri sendiri yang tergolong sebagai gangguan kondisi mental.Pria yang narsis berfokus pada diri sendiri hanya memikirkan kebutuhan dan keinginannya sendiri. Mereka tidak peduli dengan perasaan dan kebutuhan pasangannya. 

Terlibat secara emosional dengan orang narsis dan egois menyebabkan kamu merasa penuh tekanan karena menguras tenaga dan emosi.Kamu juga merasa tidak bahagia yang jadi pertanda hubungan tidak sehat. 

10. Tidak Mau Berkomunikasi secara Terbuka

Tanda cowok red flag yang harus perempuan hindari adalah ketidakmampuan berkomunikasi secara terbuka. Komunikasi memiliki fungsi besar terhadap sehatnya sebuah hubungan asmara karena dapat berbicara apapun tanpa takut dihakimi atau dikritik. 

Sayangnya, komunikasi tidak mudah bagi semua orang karena beberapa alasan. Sehingga lebih memilih untuk memendam perasaan yang berpotensi menjadi bom waktu. 

Peran komunikasi dalam sebuah hubungan adalah sebagai jalan untuk menyelesaikan segala masalah. Dari kegiatan bertukar pikiran secara lisan, kamu dan pasangan dapat saling mengetahui apa yang disuka, apa yang tidak suka, kemauan hingga hal lain yang akan mempererat hubungan.

Menemukan pasangan yang tepat membutuhkan waktu dan usaha. Jangan terburu-buru dan pilihlah dengan bijak. Hindari cowok dengan sifat-sifat red flag di atas dan fokuslah pada membangun hubungan yang sehat dan bahagia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya