Terapkan Frugal Living Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini 5 Cara Menerapkannya

Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Fenomena frugal living saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Frugal living sendiri merupakan praktik berhati-hati menggunakan uang dan sadar akan setiap keputusan pengeluaran. 

Campuran Chia Seed dan Cuka Apel Efektif Menurunkan Berat Badan

Intinya, frugal living adalah aya hidup hemat untuk membuat kamu mengambil keputusan cerdas dalam cara hidup, makan, berbelanja, dan menghabiskan uang.

Tidak hanya baik untuk kondisi finansial, frugal living juga bagus bagi kesehatan. Meski tidak secara langsung dapat menurunkan berat badan, namun ada beberapa cara gaya hidup hemat dapat berkontribusi dalam pola dietmu. Scroll untuk baca lebih lanjut, yuk!

Lari Vs Bersepeda, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan?

5 Cara 'Frugal Living' Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi memasak

Photo :
  • Pixabay/condesign
Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Melansir dari Plant Based Plan, ada beberapa cara hidup hemat atau 'frugal living' ini membantu kamu menurunkan berat badan, di antaranya:

1. Memasak di Rumah

Frugal living mendorong kamu untuk memasak sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan segar yang lebih sehat dan murah daripada makanan siap saji atau restoran. Ini memungkinkan kamu memiliki kontrol penuh terhadap porsi dan kualitas makanan, sehingga membantu dalam pengendalian kalori dan nutrisinya.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Proses

Gaya hidup hemat cenderung mengurangi pembelian makanan olahan atau kemasan yang sering kali tinggi kalori, gula, dan lemak. Kamu dapat mengganti anggaran pengeluaran untuk makanan berproses ke buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein murah seperti kacang-kacangan. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki pola makan dengan pilihan yang lebih sehat.

3. Menekan Anggaran Transportasi

Kamu dapat mengganti transportasi dengan berjalan kaki atau bersepeda ketika memungkinkan. Ini bukan hanya menghemat uang, tetapi juga membantu kamu membakar kalori tambahan. Aktivitas fisik ini dapat menjadi bagian integral dari rutinitas harianmu untuk membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

4. Mengikuti Program Olahraga Berbiaya Rendah

Frugal living tidak selalu berarti tidak menginvestasikan uang sama sekali. Kamu tetap bisa berlangganan gym lokal atau mengikuti program olahraga berbiaya rendah seperti yoga di taman umum atau komunitas lari yang dapat memberikan kamu akses ke fasilitas dan panduan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kebugaran tanpa menghabiskan banyak uang.

5. Menyusun Anggaran Makanan dan Snack

Merencanakan makanan dan camilan dengan hati-hati, membuat kamu dapat menghindari belanja impulsif yang seringkali mengarah pada pembelian makanan tidak sehat. Dengan menetapkan anggaran dan membuat daftar belanjaan sebelumnya, kamu dapat memastikan bahwa pilihan makanan yang kamu konsumsi mendukung tujuan penurunan berat badan secara ekonomis dan efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya