Seberapa Ampuh Minum Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Pakar

Minum kopi
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Ritual minum kopi hitam setiap hari dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Alhasil, banyak orang melakukan hal tersebut, termasuk artis Prilly Latuconsina yang berhasil menurunkan berat badannya hingga 12 kilogram.

Terapkan Frugal Living Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini 5 Cara Menerapkannya

Baru-baru ini, Prilly membagikan menu makanan dan minuman yang dikonsumsinya selama program penurunan berat badan. Salah satunya adalah kopi hitam yang menjadi bagian dari "clean eating" dan dikonsumsinya di pagi hari.

Lantas, seberapa ampuh sih minum kopi hitam untuk menurunkan berat badan? Yuk scroll untuk baca info lengkapnya!

Campuran Chia Seed dan Cuka Apel Efektif Menurunkan Berat Badan

Khasiat Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan

Photo :
  • Freepik: drobotdean
Lari Vs Bersepeda, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan?

Melansir dari Healthline, kopi mengandung senyawa bioaktif, seperti asam klorogenat dan polifenol. Ini berkaitan dengan manfaat metabolik, termasuk peningkatan sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. 

"Efek-efek ini berpotensi memengaruhi regulasi berat badan dan berkontribusi pada penurunan berat badan." kata ahli fisiologi olahraga Dr Colleen Gulick, seperti dikutip VIVA pada Jumat, 5 Juli 2024.

Tak hanya itu, ada pula beberapa cara bagaimana minum kopi hitam tanpa gula sangat baik untuk menurunkan berat badan. "Kafein, komponen utama dalam kopi, diketahui merangsang termogenesis, yaitu proses di mana tubuh menghasilkan panas dan membakar kalori," ujarnya.

Selain itu, minum kopi juga dapat menekan nafsu makan. Hal ini karena kafein telah terbukti memiliki sifat penekan nafsu makan, yang dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Dia juga menjelaskan bagaimana kopi dapat meningkatkan performa fisik. Ini membuat kopi menjadi minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum berolaraga atau melakukan aktivitas fisik.

"Dengan meningkatkan kapasitas dan intensitas latihan, konsumsi rutin kopi tanpa gula bisa secara tidak langsung mendukung upaya penurunan berat badan melalui peningkatan pengeluaran kalori selama aktivitas fisik," unkap Dr Gulick.

Sementara itu, Ahli Diet Michelle Saari MSc, RD menyarankan agar mengonsumsi kopi hitam tanpa pemanis tambahan, baik itu gula maupun krimer.

"Orang cenderung mengisi cangkir kopi mereka dengan gula, pemanis, dan krim yang kaya," katanya. "Jika kamu menambahkan semua ini ke cangkir kopi harianmu dan minum beberapa cangkir sehari, kamu bisa menambah ratusan kalori ekstra hanya dari secangkir kopi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya