Latihan Dasar di Gym yang Bisa Bantu Pembentukan Otot

Ilustrasi otot tubuh
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memiliki tubuh atletis dengan otot yang terbentuk ideal merupakan dambaan banyak pria. Tak heran, mereka memilih pergi latihan ke gym untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, dengan banyaknya pilihan alat gym yang tersedia, terkadang pria merasa bingung untuk memilih mana yang tepat dan efektif untuk latihan pembentukan otot. 

Ingin Turunkan Berat Badan Tapi Tak Sempat Nge-gym? Yuk Coba Latihan Ini di Kantor!

Upaya membentuk otot memerlukan dedikasi dan konsistensi yang tinggi. Mengutip Times of India, para pria dapat melakukan latihan serta memanfaatkan beberapa alat gym untuk mendukung sekaligus mempercepat pembentukan otot secara efektif. Scroll untuk informasi lengkapnya. 

ilustrasi otot

Photo :
7 Manfaat Konsumsi Susu Protein, Perkuat Otot Hingga Turunkan Tekanan Darah

Squats

Squat merupakan gabungan gerakan yang memfokuskan latihan di bagian paha depan, paha belakang, dan bokong. Squat tidak hanya membantu membentuk massa otot tetapi juga meningkatkan kekuatan dan stabilitas tubuh secara keseluruhan. 

Berulang, Ternyata Pernah Ada Korban Jatuh Gegara Treadmill Belakangi Jenderal di K-Gym Pontianak

Kamu membutuhkan kemampuan keseimbangan dan koordinasi yang baik ketika melakukan squat. Untuk hasil yang maksimal, kamu disarankan melakukan squat sambil mengangkat barbell. Penggunaan barbel ketika melakukan squat akan meningkatkan kekuatan inti (core) serta memperbaiki postur tubuh. 

Angkat Beban

Angkat beban atau deadlift merupakan latihan yang sangat penting dalam pembentukan otot. Gerakan ini melibatkan seluruh bagian posterior, termasuk hamstring, glutes, punggung bawah, trapezius, hingga bagian lengan bawah. Angkat beban jadi latihan yang memberikan pengaruh signifikan untuk membangun kekuatan dan massa otot.

Saat melakukan angkat beban dari posisi dead stop akan secara otomatis mengaktifkan banyak jaringan otot. Koordinasi bagian tubuh agar terlibat ketika melakukan deadlift berkontribusi pada peningkatan laju metabolisme. Artinya membakar lemak lebih banyak dan berpengaruh terhadap komposisi tubuh.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra saat latihan di gym

Photo :
  • Youtube PSSI

Bench Press

Bench press jadi latihan di gym yang tak boleh ketinggalan dalam proses membentuk otot. Latihan ini memfokuskan pada otot dada sekaligus melatih kekuatan otot bahu, sendi, dan trisep. Bench press sangat baik untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas dan massa otot, terutama di area dada. Tak hanya itu, latihan ini juga melatih kemampuan fleksibilitas. Caranya dengan menyesuaikan sudut bench (miring, menurun, atau datar). 

Overhead Press

Overhead press dikenal juga dengan military press, yakni jenis latihan dasar yang tujuan utamanya adalah membentuk otot bahu yang lebar.  Di samping itu, latihan overhead press secara rutin meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. 

Gerakan ini menargetkan bagian bahu, trisep dan dada bagian atas sebagai otot sekunder sekaligus melibatkan inti tubuh (core) untuk menjaga stabilitas. Overhead Press juga berkontribusi memperbaiki postur tubuh dengan memperkuat otot-otot yang menopang tubuh bagian atas.

​​Push Up

Push up jadi latihan dasar yang sudah banyak orang tahu. Namun, tak semua dapat melakukan gerakan ini dengan benar sehingga dapat memberikan efek terhadap pembentukan otot secara signifikan. Latihan ini menargetkan dada, bahu, trisep, dan inti tubuh. 

Melakukan push-up secara konsisten memberikan efek terhadap meningkatkan daya tahan otot, menjaga kesehatan kardiovaskular serta berkontribusi pada kebugaran secara keseluruhan. Push-up dengan melambaikan tangan atau menggunakan satu tangan dapat dilakukan sebagai variasi sebagai latihan yang menantang sehingga merangsang pertumbuhan otot lebih cepat

Lima latihan dasar dalam upaya pembentukan otot seyogyanya dilakukan secara konsisten. Membentuk otot tidak hanya ditentukan dari latihan saja tetapi juga ditopang dari pemenuhan nutrisi yang seimbang untuk melihat hasil yang nyata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya