Meski Menyegarkan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Dingin yang Wajib Diwaspadai!

Ilustrasi air dingin/air es
Sumber :
  • Pixabay/ColiN00B

VIVA Lifestyle – Di tengah cuaca panas, segelas air dingin terasa begitu menyegarkan. Rasanya, dahaga langsung terpadamkan dan tubuh pun terasa lebih berenergi. Akan tetapi, tahukah anda bahwa minum air dingin terlalu banyak bisa membawa efek samping bagi kesehatan tubuh?

Menguak Manfaat Buah Sawo yang Lezat untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun air putih dingin memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan metabolisme dan membantu pemulihan otot setelah berolahraga, konsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek samping.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 efek samping yang perlu diwaspadai.

Catat, Ini 8 Sayuran yang Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncit

1. Gangguan Pencernaan

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki
10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Minum air dingin, terutama saat perut kosong, dapat memperlambat proses pencernaan. Hal ini karena suhu dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah di perut, sehingga aliran darah ke organ pencernaan berkurang. Akibatnya, pencernaan makanan menjadi terhambat dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kembung, begah, dan bahkan diare.

2. Sakit Kepala

ILustrasi sakit kepala

Photo :
  • Eat This

Bagi sebagian orang, minum air dingin, terutama dalam jumlah banyak dan secara cepat, dapat memicu sakit kepala. Sensasi dingin yang tiba-tiba mengenai reseptor di langit-langit mulut dapat mengirimkan sinyal ke otak yang memicu kontraksi pembuluh darah di kepala. Kontraksi ini lah yang kemudian menyebabkan rasa sakit kepala hingga migrain.

ilustrasi sakit tenggorokan, tiroid

Photo :
  • Pixabay

Minum air dingin, terutama saat sedang flu atau batuk, dapat memperparah gejala. Air dingin dapat mengentalkan lendir di tenggorokan, sehingga terasa lebih gatal dan sulit dikeluarkan. Hal ini dapat memperparah rasa sakit tenggorokan dan batuk.

4. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Minum air dingin secara berlebihan dapat menurunkan suhu tubuh secara drastis. Hal ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh yang kedinginan akan lebih rentan terserang penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

5. Masalah Gigi

Ilustrasi sakit gusi

Photo :
  • Pixabay

Minum air dingin, terutama yang mengandung gula, dapat mengikis enamel gigi. Enamel gigi adalah lapisan pelindung gigi yang paling luar. Ketika terkikis, gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan berlubang.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik memang penting. Namun, perhatikan juga cara dan waktu minum air putihnya. Minumlah air putih secukupnya dan dengan cara yang sehat agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya