8 Sayuran Mampu Tingkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Ilustrasi sayuran untuk tingkatkan fungsi penglihatan
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Menjaga kesehatan mata sangatlah penting agar dapat terus menikmati keindahan dunia. Kondisi mata yang prima jelas mempermudah melakukan kegiatan sehari-hari. Tak perlu menggunakan kacamata yang kerap membuat mata lelah. 

Mengenal Khasiat Jintan untuk Menurunkan Berat Badan dan Bikin Langsing, Ampuh Atau Cuma Mitos?

Pemeriksaan mata secara rutin ke dokter jadi salah satu tindakan preventif untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kamu perlu memastikan asupan mineral dan vitamin yang berperan menjaga fungsi penglihatan terpenuhi dengan baik. 

Bisa dengan mengonsumsi suplemen atau   konsumsi makanan sehat. Misalnya Sayuran memiliki berbagai sumber vitamin dan mineral baik untuk kesehatan tubuh termasuk menjaga dan meningkatkan fungsi penglihatan. 

Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak, Ini Rekomendasinya

Beberapa sayuran mampu mencegah gangguan kesehatan pada mata yang mengakibatkan penglihatan kabur, berbayang, dan tidak jelas layaknya kondisi mata normal.  Mengutip India Times, berikut sayuran yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata.

Sayuran untuk Tingkatkan Fungsi Mata

7 Khasiat Jus Wortel untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta Bisa Sembuhkan Mata Minus?

WOrtel

Photo :
  • Eat This

1. Wortel

Wortel terkenal kaya kandungan beta-karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea dan retina. Vitamin A pada wortel juga mampu mencegah rabun senja.

2. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Dua zat antioksidan yang bantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga berperan melindungi dari cahaya yang membahayakan mata.

Alhasil, mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti degenerasi makula dan katarak. Makula merupakan bagian mata yang bertanggung jawab mengontrol penglihatan sentral.

Ilustrasi ubi.

Photo :
  • Pixabay/sdnet01

3. Ubi

Ubi tinggi beta-karoten yang membantu menjaga kesehatan kornea dan retina mata. Vitamin C dan lutein memberikan perlindungan untuk pada dari paparan radikal bebas. Ubi juga mengandung vitamin E guna meningkatkan penglihatan pada malam hari. Sehingga sangat baik bagi penderita rabun ayam atau rabun senja. 

4. Paprika Merah

Sebagai sayuran berfungsi menambah cita rasa da memberi warna pada hidangan, paprika merah kaya vitamin A dan C. Vitamin C membantu dalam menjaga kesehatan pembuluh darah mata sehingga mengurangi risiko katarak. Vitamin A mendukung kesehatan mata secara keseluruhan. 

Brokoli.

Photo :
  • Eat This

5. Brokoli

Kaya vitamin C, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan. Senyawa tersebut memberi proteksi untuk mata dari radikal bebas sekaligus menurunkan tingkat risiko penyakit mata yang akibat pengaruh usia. Brokoli juga memiliki senyawa sulforaphane yang diyakini dapat mencegah katarak. 

6. Kubis

Kubis atau kol adalah jenis sayuran kaya vitamin C dan vitamin K yang merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kubis berperan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung kesehatan mata secara keseluruhan. 

7. Labu

Sayuran yang identik dengan perayaan Haloween ini diperkaya kandungan beta-karoten, vitamin C dan vitamin E. Labu menjaga fungsi penglihatan secara menyeluruh hingga mencegah berbagai penyakit mata akibat bertambahnya usia. 

8. Tomat

Tomat mempunyai senyawa likopen dan antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi mata kerusakan akibat radikal bebas. Likopen juga dinilai dapat mencegah katarak dan degenerasi makula. 

Itulah deretan sayuran yang memiliki fungsi meningkatkan fungsi mata khususnya penglihatan secara alami. Jangan selalu kesehatan mata memiliki peran yang sangat penting dalam hidup. Stay health everyone!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya