Daftar Makanan dan Minuman untuk Tetap Awet Muda di Usia 50 Tahun

Teh hijau
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Memasuki usia 50 tahun bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, ini merupakan kesempatan untuk merawat tubuh dengan lebih baik dengan memilih makanan dan minuman yang mendukung kesehatan serta penampilan. 

Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak, Ini Rekomendasinya

Ingatlah, bertambahnya usia, tentu terjadi juga perubahan pada hormon dan metabolisme. Sebab itu, penting untuk memilih nutrisi yang tepat untuk mempertahankan energi, kekuatan tulang, serta kulit yang sehat dan bersinar.

Melansir dari Eat This Not That, penelitian membuktikan bahwa nutrisi pada makanan dan minuman dapat memainkan peran penting dalam kesehatan jantung, otak, dan risiko penyakit terkait usia. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan memiliki kekuatan untuk memperbaiki kerusakan kulit, dan menghambat penyebab kerusakan pada kulit seiring bertambahnya usia.

Ungkap Rahasia Kulit Awet Muda Lewat Sarang Burung Walet

Makanan dan Minuman untuk Awet Muda

Sayuran hijau.

Photo :
  • boldsky.com
8 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Lebih Awet Muda dan Bahagia

Berikut ini daftar makanan dan minuman untuk membuat kamu awet muda serta tetap bugar di usia kepala lima:

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan trout mengandung omega-3, asam lemak yang penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini juga mengurangi peradangan, dan meningkatkan elastisitas kulit

Omega-3 juga membantu dalam melawan kerusakan kulit akibat sinar UV dan menjaga kepadatan kolagen.

2. Buah Beri

Blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. 

Buah-buah ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Bayam, kale, dan sayur-sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan kulit. Sayur-sayuran ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan meningkatkan produksi sel kulit baru.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Almond, kenari, chia seeds, dan biji rami mengandung lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, serta vitamin E dan mineral seperti seng dan selenium. Nutrisi ini membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi dari radikal bebas, dan mendukung proses perbaikan sel kulit.

5. Teh Hijau

Kaya akan polifenol seperti epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dan sinar UV. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

6. Yogurt Yunani

Kaya akan protein tinggi yang penting untuk regenerasi sel kulit dan mempertahankan elastisitas kulit. Probiotik dalam yogurt yunani juga mendukung kesehatan usus yang baik, yang berhubungan dengan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Itulah daftar makanan dan minuman yang bikin awet muda. Mengonsumsi makanan dan minuman ini secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang, dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan di usia 50 tahun dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya