Hobi yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Jadi Makin Pintar

Hobi Meningkatkan Kecerdasan Otak
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kecerdasan otak tak melulu tentang hal-hal yang sifatnya akademis. Mencakup juga kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif pun dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Kabar baiknya, kecerdasan otak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik lho.

Pilih Tinggal Bareng Sarwendah, Betrand Peto Diizinkan Lakukan Hal Ini

Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan otak, misalnya dengan melakukan hobi. Mengutip Hindustan Times, hobi tertentu dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan Intelligence Quotient (IQ) atau kecerdasan otak.

Selain jadi cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang maupun melepas penat usai seharian berkegiatan, kegiatan menyenangkan memberikan manfaat untuk mengasah kemampuan kognitif dan memaksimalkan potensi otak. Penasaran apa saja hobinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Sering Dibelikan Barang Mewah, Betrand Peto Ungkap Satu Perbuatannya yang Tak Disukai Ruben Onsu

ilustrasi kecerdasan anak.

Photo :
  • vstory

Hobi untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak (IQ)

Hobinya Simpel Banget, Ini yang Dilakukan Jessi dan Olla JKT48 saat Break Manggung

1. Bermain Alat Musik

Hobi bermain musik, seperti gitar, piano, hingga biola ternyata mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kepintaran seseorang lho. Bermain alat musik secara tidak langsung kita akan mempelajari instrumen yang mampu meningkatkan IQ serta fungsi kognitif.

2. Merajut

Di era saat ini sangat rentang seseorang mengalami stres. Alasan seseorang kerap mengalami stress disebabkan karena pekerjaan terlalu berat, hubungan pertemanan yang kurang baik, masalah percintaan hingga kondisi keluarga.

Merajut ternyata berdampak baik untuk meredakan stres. Karena pikiran akan fokus untuk menghubungkan benang hingga menjadi kain yang utuh dan cantik. Tak hanya mengasah kemampuan tangan, merajut juga bisa mengasah kecerdasan otak yang berpengaruh terhadap peningkatan IQ. 

Ilustrasi merajut

Photo :
  • Pixabay/Foundry Co

3. Membaca

Hobi membaca dinilai dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Kegiatan ini pun menjadikan seseorang mempunyai wawasan yang luas karena memperoleh berbagai informasi dari setiap tulisan yang dibaca. Entah dari novel, buku biografi, hingga berita-berita di internet maupun media sosial. 

Membaca tak melulu dari buku berbentuk fisik. Sekarang sudah banyak buku dalam bentuk digital sehingga dapat dibaca melalui gawai. Jadi bisa membaca di kapan saja dan kapan saja. Manfaat membaca lainnya adalah meningkatkan kepedulian lho. 

4. Berolahraga

Tren olahraga semakin digemari masyarakat imbas meningkatkan kesadaran pola hidup sehat. Di samping mampu membuat tubuh menjadi bugar, kegiatan olah fisik mempunyai pengaruh baik terhadap kecerdasan otak.

Olahraga dinilai dapat meningkatkan IQ karena membantu asah fungsi berpikir otak. Kegiatan ini juga kerap menuntut seseorang untuk membangun strategi. Baik untuk mengalahkan lawan untuk memenangkan pertandingan hingga taktik mengatur pernapasan hingga tempo agar tidak kelelahan yang malah membahayakan diri sendiri. Olahraga juga mengurangi stres hingga meningkatkan fokus. 

5. Menulis

Menuliskan pemikiran ke dalam buku jurnal (diary) secara rutin dinilai mampu meningkatkan IQ. Seseorang yang hobi menulis juga mempunyai kemampuan analisis sangat baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya