8 Buah Tinggi Protein yang Bantu Mempercepat Turunkan Berat Badan

Buah-buahan
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Seseorang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan sangat penting untuk memperhatikan setiap asupan makanannya. Umumnya, mereka akan memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein guna memberi rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga dapat lebih mudah mengatur pola makan dan 'mengerem' intensitas makan jadi lebih sedikit dari biasanya.

5 Jus Ini Berkhasiat untuk Vitalitas Pria di Ranjang, Bisa Diminum Sebelum 'Tempur'

Kebanyakan, orang hanya mengandalkan protein hewani (seperti daging merah, dada ayam dan telur) sebagai sumber utama protein saat diet. Padahal, terdapat alternatif lain yang menyediakan kandungan protein tinggi untuk bantu penuhi kebutuhan harian.

Melansir Health Shots, beberapa buah-buahan kaya kandungan protein tinggi serta nutrisi lainnya yang baik untuk jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun begitu, buah belum mampu dijadikan sebagai sumber protein utama. Sehingga menggabungkan berbagai sumber protein pada menu diet jadi sebuah ide yang bagus. 

10 Minuman dan Makanan Penghambat Penurunan Berat Badan yang Harus Dihindari

Simak deretan buah yang kaya kandungan protein untuk bantu mempercepat turunkan berat badan

Buah-buahan untuk pasien diabetes

Photo :
  • everydayhealth
Diet Intermiten Fasting, Tingkatkan Risiko Kematian?

Buah Tinggi Protein Turunkan Berat Badan

1. Jambu Biji

Jambu biji jadi salah satu buah dengan kandungan protein terbanyak, yakni 4,2 gram per porsi. Buah ini juga kaya serat, vitamin C, dan mengandung antioksidan. Fungsinya untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Kamu dapat mengonsumsi jambu biji dalam keadaan utuh, diolah menjadi salad atau smoothie

2. Alpukat

Satu porsi alpukat memiliki sekitar 2,29 gram protein. Sebagai buah tropis populer, alpukat menawarkan nutrisi dan senyawa bioaktif. Mulai dari kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Hingga jumlah serat, vitamin E, vitamin K dan beberapa jenis vitamin B yang berperan bantu jaga fungsi tubuh. Kamu dapat memasukkan alpukat ke dalam menu diet dengan cara dibuat menjadi salad, dihaluskan untuk olesan roti panggang atau dimakan langsung.

Buah kiwi

Photo :
  • Times of India

3. Blackberry

Jenis buah beri ini memiliki sekitar 2 gram protein setiap porsinya. Blackberry dilengkapi vitamin C, vitamin K, serat, dan antioksidan. Pelaku diet dapat mengonsumsi blackberry dalam keadaan utuh dan segar atau dibuat menjadi smoothie. Tak jarang juga dijadikan topping yoghurt, oatmeal dan sereal sehingga lebih lezat.

4. Kiwi

Buah kiwi bisa jadi opsi buah lain sebagai sumber protein dengan kandungan 1,91 gram per porsi. Selain bantu percepat menurunkan berat badan, kiwi juga berperan sebagai sumber vitamin C, serat dan antioksidan yang bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh.

Ilustrasi buah jeruk

Photo :
  • Pixabay/stevepb

5. Jeruk

Selain terkenal sebagai sumber vitamin C, jeruk ternyata mempunyai kadar protein yang cukup tinggi juga lho. Satu porsi jeruk memiliki setidaknya 1,60 gram. Buah berwarna oranye ini sangat bagus terhadap tingkat imunitas tubuh serta vitalitas kulit. Jeruk pun menyediakan serat yang bantu memperlancar pencernaan sehingga mencegah terjadi sembelit dan penumpukan zat sisa di dalam tubuh. 

6. Aprikot

US Food and Drugs Administration mengungkapkan buah aprikot memiliki kandungan protein sebanyak 2,31 gram per porsi. Aprikot dilengkapi vitamin A, vitamin C dan serat. Zat tersebut bermanfaat terhadap kesehatan mata, kulit serta kekebalan tubuh. Aprikot bisa dimakan segar, dikeringkan atau ditambahkan ke salad dan sereal.

7. Pisang

Tak hanya sebagai sumber serat, pisang ternyata mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sekitar 1,64 gram per porsi. Lengkap dengan potasium, vitamin C hingga vitamin B6 yang baik untuk mendukung fungsi jantung, pencernaan dan meningkatkan energi. Dalam menu diet, pisang dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi smoothie yang lezat.

8. Ceri

Satu porsi ceri mempunyai kadar protein sekitar 1,63 gram. Ceri juga kaya kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C dan serat. Sehingga fungsinya tak hanya memberikan rasa kenyang lebih lama tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung, menjaga peradangan hingga meningkatkan kualitas tidur lho. 

Itulah deretan buah tinggi protein yang bisa bantu mempercepat turunkan berat badan sehingga kamu dapat dengan segera memperoleh tubuh yang ideal sesuai keinginan. Sekali lagi, buah tak bisa dijadikan sebagai sumber satu-satunya asupan protein. Lengkapi kebutuhan protein dari sumber makanan lain. Jangan lupa imbangi dengan nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya