Menguak 4 Manfaat Buah Pir yang Jarang Orang Tahu, Bisa Turunkan Berat Badan?

Buah Pir
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Inilah manfaat buah pir yang jarang orang ketahui. Pir, seringkali dianggap sebagai buah yang mudah dicari dan bercita rasa sederhana, namun rupanya memiliki potensi besar untuk kesehatan.

Tidak Hanya Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan Tubuh

Hal ini karena kandungan serat buah pir yang tinggi, ditambah dengan nutrisi-nutrisi pendukung lainnya. Apa saja sih manfaat buah pir? Yuk scroll untuk info lengkapnya!

Melansir dari Apple & Pear Australia Ltd (APAL), ada beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan. Apalagi, jika pir tersebut dikonsumsi saat masih segar dan renyah, sehingga cocok menjadi camilan lezat agar kenyang lebih lama.

Olahraga Lari Vs Jalan Kaki, Mana yang Paling Cepat Menurunkan Berat Badan?

Manfaat Buah Pir

Mengandung serat yang tinggi, berikut ini beberapa manfaat dari buah pir, di antaranya:

Viral Air Beras Bisa Menurunkan Berat Badan secara Instan, Mitos Atau Fakta?

1. Sumber Serat

Pir merupakan buah sumber serat yang enak dan cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Mengonsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mengurangi nafsu makan.

2. Indeks Glikemik yang Rendah

Selain serat yang tinggi, buah pir juga memiliki tingkat glycemic index (GI) yang rendah. Ini bermanfaat untuk mengontrol berat badan.

3. Memperlancar Proses Pencernaan 

Pir mengandung sorbitol dan fruktosa alami. Kandungan inilah yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Bagus untuk Daya Tahan Tubuh 

Sama seperti beberapa buah-buahan lainnya, pir mengandung vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Pir 

Executive Chef Amuz Restaurant Chef Gilles Marx, membeberkan cara memilih dan menyimpan buah pir agar tetap segar. Paparan ini disampaikan dalam workshop Taste and Create With Australia 2024 yang diadakan oleh Austrade dan Meat & Livestock Austria (MLA) pada Kamis, 20 Juni 2024.

"Saat memilih buah pir, hindari pir yang memar dan terbelah. Jika anda ingin segera memakannya, telah bagian dekat tangkai untuk memeriksa tingkat kelembutan pir," kata Chef Gilles.

Kemudian, ada perbedaan cara menyimpan buah pir, antara yang belum matang dan sudah masak. Bila buah pir belum matang, sebaiknya simpan di suhu ruangan agar matang secara alami.

Namun, jika buah pir sudah matang, sebaiknya disimpan di dalam kulkas. "Hindari menumpuk pir untuk mencegah munculnya memar," tambah dia.

Chef Gilles juga membagikan tips agar daging buah pir tidak berubah warna menjadi kecoklatan. Caranya, yakni merendam pir dengan perasan lemon dan simpan di dalam kotak tertutup rapat di dalam kulkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya