Mau Bikin Tongseng Daging Kambing Versi Lebih Sehat? Yuk Simak Tipsnya!

Tongseng kambing.
Sumber :
  • Cookpad/Susan Mellyani

VIVA Kuliner – Banyak cara mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat. Salah satunya dengan membuat tongseng yang gurih, pedas, dan nikmat bila disandingkan dengan nasi hangat serta taburan bawang goreng.

Daftar Harga Pangan 28 Juni 2024: Beras, Telur Ayam hingga Daging Sapi Naik

Nah, artikel ini akan membahas cara memasak tongseng daging kambing dengan versi yang lebih sehat. Yuk scroll untuk info selengkapnya!

Hidangan tongseng seringkali dianggap sebagai makanan tidak sehat. Hal ini karena tongseng daging kambing biasanya mengandung tinggi lemak, kalori dan kolesterol.

Daftar Harga Pangan 26 Juni 2024: Beras, Daging, hingga Telur Ayam Turun

Belum lagi tambahan bumbu seperti gula, garam dan penyedap rasa yang berpotensi membuat tekanan darah meningkat jika konsumsinya berlebihan. Padahal di lain sisi, daging kambing memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan.

Melansir dari Healthline, daging kambing kaya akan protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan tubuh. Asalkan, konsumsinya tidak berlebihan dan mengutamakan cara atau metode memasak yang lebih sehat.

Harga Pangan 25 Juni 2024: Bawang hingga Daging Sapi Turun

Tips Bikin Tongseng Daging Kambing Lebih Sehat

Mie tongseng Yogyakarta.

Photo :
  • Instagram @kulineryogya

Untuk membuat hidangan tongseng lebih sehat, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Gunakan Santan Rendah Lemak

Pilih santan yang rendah lemak atau gunakan susu kedelai sebagai pengganti santan untuk mengurangi jumlah lemak jenuh. Atau, kamu juga bisa tidak menggunakan santan alias tongseng kuah bening.

2. Pilih Potongan Daging 

Pilih potongan daging yang lebih rendah lemak, seperti daging tanpa lemak atau daging dengan lemak minimal.

 Jika kamu tidak memiliki pilihan, kamu bisa membuang bagian berlemak pada daging kambing.

3. Tambahkan Banyak Sayuran

Tambahkan lebih banyak sayuran ke dalam tongseng untuk meningkatkan serat dan nutrisi, serta mengurangi proporsi daging.

4. Kurangi Penggunaan Gula dan Garam

Gunakan gula dan garam secukupnya atau gantilah dengan bumbu alami seperti rempah-rempah dan perasan jeruk untuk menambah cita rasa.

5. Kontrol Porsi

Penting untuk mengontrol porsi yang dimakan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kalori dan lemak.

Itulah tips memasak tongseng daging kambing. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membuat tongseng yang lebih sehat dan tetap bisa dinikmati tanpa harus mengorbankan cita rasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya