Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Raih Penghargaan Pelestarian Seni-Budaya Indonesia

Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbud raih CNN Indonesia Awards
Sumber :
  • Ist

Surabaya, VIVA – Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek meraih penghargaan CNN Indonesia Awards 2024 untuk kategori Outstanding in Indonesian Art and Culture Advancement, yaitu penghargaan atas capaian luar biasa dalam pemajuan seni dan budaya Indonesia.

Dapat Penghargaan, El Rumi Ingat Syifa Hadju: Buat Pacar Saya...

Penghargaan tersebut diberikan CNN Indonesia sebab menilai bahwa Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek berhasil dalam upaya mengembangkan serta melestarikan beragam budaya tradisional melalui program-program inklusif yang diketahui publik. Salah satunya yaitu kesuksesan dalam menyelenggarakan Indonesia Bertutur.

Indonesia Bertutur merupakan mega festival kebudayaan yang berupaya menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya warisan bangsa melalui film, musik, media, dan seni pertunjukan. Tahun ini Indonesia Bertutur mengusung tema “Subak: Bersama Menuju Harmoni” yang berlangsung di tiga lokasi yaitu Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua, Bali, pada 7 – 18 Agustus 2024. Mega festival dua tahunan ini menampilkan lebih dari 100 karya dari 900 pelaku budaya dalam dan luar negeri serta dihadiri sebanyak 30.609 pengunjung.

PNM Borong Dua Penghargaan Bergengsi, Bukti Nyata Komitmen untuk UMKM!

Melalui perhelatan tersebut Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek berhasil menunjukkan capaian baik dari karya artistik anak bangsa sehingga memberikan inspirasi maupun memperkaya khazanah budaya Indonesia.

Penghargaan langsung diterima Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, di lokasi CNN Indonesia Awards berlangsung, di The Westin, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (25/9).

tvOne Gelar Inovasi Membangun Negeri 2024, Apresiasi Kepada Pemda dan Perusahaan yang Berinovasi

Menyikapi penghargaan yang diterima ini, Mahendra mengungkapkan kebanggaannya sebab kesuksesan Indonesia Bertutur 2024 berpengaruh besar dalam mendorong karya produksi dan pengetahuan budaya kepada generasi muda, sehingga menjadi modal berharga dalam upaya pemajuan kebudayaan nasional.

Menurut Mahendra, penghargaan yang diterima tahun ini menjadi pijakan pemerintah untuk menyajikan kerja kebudayaan yang lebih baik lagi agar dapat berkelanjutan dan diterima kalangan masyarakat.

“Tentu saja penghargaan dari CNN Indonesia Awards 2024 ini menjadi pemicu Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikburistek untuk menyusun program pemajuan kebudayaan yang lebih masif setiap waktunya. Seperti pelaksanaan Indonesia Bertutur yang kami persiapkan dengan matang sebagai bentuk komitmen pada pemajuan kebudayaan, sehingga pada akhirnya masyarakat memahami pentingnya nilai kebudayaan dalam kehidupan,” ujar Mahendra.

Mahendra mengemukakan, kerja pemajuan kebudayaan memang tidak boleh berhenti dan program yang memberikan dampak positif harus selalu dilanjutkan, bahkan bila perlu ditambah. Mahendra menyebut, pemerintah akan terus mendorong dan mendukung berbagai program budaya yang mengembangkan kreativitas masyarakat. Melalui upaya ini, diharapkan budaya menjadi sumber kekuatan nasional yang mampu memperkaya kehidupan berbangsa dan bernegara

Guna diketahui, CNN Indonesia Awards 2024 merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah, kementerian, BUMD, BUMN, dan kelompok swasta yang dianggap berkomitmen dan punya kinerja luar biasa dalam tata kelola yang baik (good governance). Terdapat 5 kategori dalam CNN Indonesia Awards 2024 di Jawa Timur, diantaranya Public Government, Private Sector, State Regional Enterprises, Special Awards Individual, dan Special Awards Lifetime Achievement.(*)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya