Transformasi Karyawan Baru Melalui Onboarding

Ilustrasi orientasi karyawan baru
Sumber :
  • PPM Manajemen

Jakarta, VIVA – Semakin ketatnya persaingan bisnis mendorong perusahaan untuk lebih selektif dalam memilih talenta. Setelah berhasil merekrut karyawan baru, terutama melalui program Management Trainee (MT), perusahaan kini semakin menyadari pentingnya masa orientasi atau onboarding.

4 Hambatan Karyawan Baru dalam Dunia Kerja

Onboarding bukan sekadar memperkenalkan karyawan baru pada lingkungan kerja, namun juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Dengan program onboarding yang efektif, perusahaan dapat memastikan karyawan baru cepat beradaptasi, memahami budaya perusahaan, dan berkontribusi secara optimal.

"Program onboarding yang baik tidak hanya memberikan pemahaman tentang perusahaan, namun juga membentuk karakter dan perilaku karyawan agar sejalan dengan nilai-nilai organisasi," ujar Kepala Divisi In-house Learning PPM Manajemen, Meinita Rahmawati, dikutip Senin 23 September 2024.

10 Hal Ini Perlu Anda hindari Saat Jadi Karyawan Baru

PPM Manajemen, sebagai salah satu perusahaan konsultan manajemen terkemuka, menawarkan solusi komprehensif untuk menjalankan program onboarding. Mereka menyediakan layanan mulai dari perancangan modul pelatihan, pemilihan mitra pelatihan, hingga pelaksanaan dan evaluasi program.

Apa perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

"Kami membantu perusahaan merancang program onboarding yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan spesifik mereka," tambah Meinita.

Elemen-elemen penting yang biasanya dimasukkan dalam program onboarding yang efektif menurut PPM Manajemen antara lain:

  • Pemahaman mendalam tentang perusahaan: Visi, misi, struktur organisasi, dan budaya perusahaan.
  • Pengembangan kompetensi: Baik itu kompetensi teknis maupun soft skills.
  • Pengenalan pada proses bisnis: Memberikan kesempatan bagi karyawan baru untuk terlibat langsung dalam pekerjaan sehari-hari.
  • Membangun jaringan: Memfasilitasi interaksi dengan rekan kerja dari berbagai departemen.
Ilustrasi pelaku ditangkap polisi.

Sinyo Pemilik Shelter Anjing di Blitar Dibunuh Karyawan Baru, Motifnya Sakit Hati gegara Gaji

Selain persoalan gaji, pelaku yang juga karyawan baru itu juga murka karena dilarang sang majikan tak boleh melakukan salat jumat.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024