Peran Penting Mahasiswa dalam Membangun Bangsa Saat Ini

Sudirman Said
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Memasuki tahun akademik baru, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) gelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2024. Mengusung tema “Membangun Mahasiswa Berpikir Kritis, Inovatif dan Berprestasi”, PKKMB Poltek Harber berlangsung di Kampus Politeknik Harapan Bersama Tegal, pada Senin-Selasa (9-10/9/2024).

Buntut Ledakan Ribuan Pager, Lebanon Liburkan Semua Institusi Pendidikan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2014-2016, Sudirman Said hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa harus berperan menjadi bagian dari orang-orang yang terus mendorong kebaikan.

“Ada 3 kunci yang bisa dijadikan pegangan supaya menjadi orang yang terus berguna, yang pertama adalah integritas, kedua adalah kompetensi, serta yang ketiga adalah keluasan pergaulan, kita perlu teman atau relasi yang banyak dan ada dimana-dimana. Mahasiswa harus ikut serta membangun bangsa, salah satunya menjadikan ekonomi kuat menuju Indonesia Emas 2045”, tutur Sudirman.

Kabar gembira, Universitas Al-Azhar Mesir Luncurkan Program Hybrid untuk Mahasiswa Asing

Direktur Poltek Harber, Agung Hendarto mengajak seluruh mahasiswa baru Poltek Harber untuk menjadi pribadi yang dewasa, yang paham akan kewajiban dan tanggung jawabnya. Selain itu, orang dewasa juga sadar akan siapa diri ini, mau jadi apa nantinya, serta bagaimana bertindak dan berperilaku. Mahasiswa baru harus mulai membangun mimpi-mimpi, dan kemudian mewujudkan mimpi itu di kampus ini.

Wakil Menkes Sebut Indonesia Masih Kekurangan 120 Ribu Dokter Umum

“Orang-orang besar selalu mempunyai mimpi besar, dan biasanya di dunia kampus lah mimpi-mimpi tersebut secara nyata diwujudkan. Poltek Harber saat ini menjadi Politeknik Swasta terbaik di Indonesia, dengan prestasi mahasiswa yang terus meningkat baik skala nasional bahkan internasional, hal ini yang perlu menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa baru”, tutur Agung.

Ilustrasi sekelompok mahasiswa.

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Ketua Panitia, M. Fikri Hidayattullah menuturkan PKKMB Tahun 2024 diikuti oleh 896 mahasiswa. PKKMB dilaksanakan untuk mengenalkan sistem pendidikan tinggi vokasi di kampus Poltek Harber, selain itu juga sebagai ajang untuk membekali setiap mahasiswa baru untuk beradaptasi di lingkungan kampus, serta menumbuhkan karakter pembelajar yang tangguh, cinta tanah air dan memiliki kepedulian pada sekitar.

“Harapannya mahasiswa baru memiliki antusiasme dan rasa percaya diri yang tinggi untuk terus berinovasi, yakinlah dengan menempuh pendidikan tinggi di Poltek Harber dapat menjadi jembatan dalam menggapai kesuksesan di masa depan. Meskipun letak geografis kampus ini di kota kecil, namun prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dan dosen sudah skala nasional bahkan internasional, hal ini menjadi bukti bahwa kuliah di Poltek Harber adalah pilihan yang tepat”, ungkap Fikri.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan PKKMB Poltek Harber 2024 diisi antara lain dengan materi Sistem Pendidikan Tinggi, Kebangsaan dan Bela Negara, Pengembangan Karakter, Sikap Intelektual yang Anti Kekerasan, Anti Kekerasan Seksual, Anti Perundungan, Anti Korupsi, dan Anti Narkoba, Kampus Sehat, Pengenalan Keselamatan Kerja dan Lingkungan, Keselamatan Berkendara. Selain itu juga ada kegiatan Forum Inspirasi bersama tokoh dan mahasiswa berprestasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo, serta ditutup dengan Malam Inagurasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya