Greeneration Foundation Target Kumpulkan Rp1,2 Triliun per Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

Greeneration Foundation Gelar Kegiatan Ubah Prilaku Peduli Lingkungan. VIVA/Muhammad AR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Bogor, VIVA – Lembaga yang bergerak dalam lingkungan dan perubahan iklim, Greeneration Foundation, menggelar kegiatan perdananya yang secara langsung melibatkan sekolah hingga pegiat lingkungan. Dalam kegiatan bertajuk 'Membangun Kolaborasi dan Kesadaran Lingkungan Anak Usia Dini hingga Aki Nini' itu mengajak masyarakat peduli lingkungan dan mengubah perilakunya.

Buku Ini Hadir untuk Generasi Muda Memahami Perubahan Iklim

Kegiatan itu merupakan semarak Perayaan genap 10 Tahun Greenerations, momen penting yang tidak hanya dirayakan oleh segenap karyawan dan manajemen, tetapi juga lintas generasi yang selaras dengan tema yang sedang diusung, yakni “Gotong Royong Rawat Bumi untuk Membangun Kolaborasi dari Anak Usia Dini hingga Aki-Nini”.

Perayaan 10 tahun Greeneration Foundation dilaksanakan secara luring (offline) dengan dihadiri 125 orang dari berbagai kalangan mulai dari PAUD, TK, SD, Komunitas Lingkungan dan Kepemudaan, Majelis Taklim, Dinas Sosial, dan berbagai kalangan masyarakat lainnya di wilayah Kota Bandung.

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

Ilustrasi perubahan iklim.

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Rangkaian acara dibuka oleh Mika Agustina selaku Direktur Operasional yang berbagi mengenai perjalanan Greeneration Foundation.

Kejar Target 'Net Zero Emission'

“Dari 2014 kami sudah melakukan banyak program pendampingan, salah satunya ada pemberdayaan masyarakat. Selain itu, kami juga melakukan strategic engagement berupa diskusi-diskusi bersama para pemangku kepentingan. Harapannya, kegiatan yang kami lakukan bisa menjawab permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini sekaligus menjadi solusi untuk lingkungan yang lebih berkelanjutan," ujarnya dalam keterangannya diterima VIVA.

Kegiatan ini diisi pentas Dongeng Pahlawan Lingkungan bersama Yeni Hadianti dari Kampung Dongeng Cimahi. Setelah itu, diikuti dengan workshop pembuatan Eco Enzyme bersama para adik-adik untuk memperkenalkan pemanfaatan sampah organik dari sisa kulit buah serta sayur dan sekaligus mengasah motorik para peserta di kalangan anak usia dini.

Acara juga diiringi dengan pemotongan tumpeng yang menjadi simbolisasi rasa syukur selama perjalanan satu dekade terakhir. Telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh Greeneration Foundation mulai dari lingkup pemberdayaan komunitas dengan hadirnya EcoRanger, kemudian kolaborasi dengan multipihak melalui Circular Economy Forum (ICEF), serta program terbaru Green Fund Digital Philanthropy (GFDP).

Ilustrasi - Foto Udara kondisi Desa Kaili seusai banjir bandang di Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu, 5 Mei 2024.

Photo :
  • ANTARA/Hasrul Said

Perayaan tahun ini juga menghadirkan ruang diskusi melalui Talk Show dengan tajuk “Akselerasi Pemulihan Lingkungan dengan Gotong Royong” dengan berbagai pihak di bidang lingkungan, yakni bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dinas Sosial Kota Bandung, Kelurahan Neglasari, dan Pendiri Greeneration Foundation Mohamad Bijaksana Junerosano yang juga memperkenalkan kampanye yang sedang dijalankan, yakni kampanye 10.10.10.

“Kita ingin mengajak 10 juta orang atau sekitar 3-4 persen total masyarakat Indonesia, untuk 10 tahun ke depan konsisten berjuang di bidang lingkungan dengan menyumbang rutin 10 ribu per bulan dan jika ini tercapai bisa mencapai Rp1,2 triliun per tahun yang dapat digunakan untuk kebutuhan restorasi lingkungan guna memperlambat laju perubahan iklim," katanya.

Dana tersebut dibantu diawasi oleh Dinas Sosial agar tepat sasaran. Untuk bergabung dan berkontribusi dalam kampanye tersebut, dapat dilakukan melalui donation.greeneration.org.

Selain berdiskusi dengan pihak pemerintahan kota, Greeneration Foundation juga turut serta mengajak para audiens untuk kembali memahami kehidupan yang selaras dengan alam melalui Talk Show bersama Kebun Hanif dengan tema "Harmoni Manusia dan Alam dalam Mewujudkan Lingkungan yang Berkelanjutan".

Tidak lupa mengajak kawula muda untuk melihat potensi Green Jobs pada masa depan bersama Ecoxyztem dengan Talk Show yang bertajuk "Peluang Karier Gen Z sambil Melestarikan Lingkungan".

Melalui berbagai inisiatif yang telah dijalankan pada perayaan satu dekade Greeneration Foundation, menjadi salah satu momentum untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar saling berkolaborasi demi menciptakan lingkungan yang lebih lestari. Jika Generasi Hijau tertarik untuk bekerja sama dan memberi dampak baik bagi lingkungan bisa langsung menghubungi kami di partnership@greeneration.org.

Upaya kolektif yang dilakukan bersama dapat menjadi kunci untuk membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan, dari Generasi Hijau untuk Masa Depan Hijau.

Greeneration Foundation adalah adalah NGO yang berperan sebagai hub/katalisator di bidang ekosistem lingkungan. Lembaga itu mengelola program-program dengan dua pendekatan: sebagai perantara berbagai pihak serta sebagai pelaksana langsung. Fokus utama mereka adalah mengubah perilaku terkait isu-isu pengelolaan sampah, perubahan iklim, dan penerapan ekonomi sirkular.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya