Hepcon 2024 Digelar, Ratusan Universitas Berpartisipasi

Hepcon 2024.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta, VIVA – Gelaran Higher Education Partnerships Conference (Hepcon) 2024 tercatat diikuti oleh lebih 200 universitas dari 20 negara termasuk Indonesia. Forum strategis ini digelar meningkatkan ilmu pengetahuan, mempertemukan perguruan tinggi dari berbagai negara melalui beragam program seminar B2B, lokakarya, dan kemitraan.

Pantas Bikin Andre Taulany Terpesona, Pendidikan Tsania Marwa Ternyata Bukan Kaleng-kaleng

Head of Public Communication and Cooperation Division of Higher Education, Research and Technology Indonesia, Yayat Hendayana mengatakan, Hepcon memiliki visi menjadi acara global yang menjadi jembatan kolaborasi hingga diimplementasikan ke kerja sama antara lembaga pendidikan tinggi dari seluruh dunia dengan institusi di Indonesia.

"Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Tinggi, serta sejumlah pihak, seperti rektor perguruan tinggi negeri di Indonesia, jaringan universitas Indonesia, dan beberapa kedutaan besar serta pusat pendidikan asing," ujar Yayat dikutip dari keterangannya, Minggu, 1 September 20224.

Peran Penting Mahasiswa dalam Membangun Bangsa Saat Ini

Ilustrasi buku dan pendidikan (dokumen pribadi)

Photo :
  • vstory

Dia menerangkan Hepcon tidak hanya fokus pada kolaborasi antar lembaga pendidikan, tetapi juga memperluas jangkauannya dengan melibatkan perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia. Ini diharapkan dapat membangun ekosistem berkelanjutan antara dunia pendidikan tinggi dan industri.

Aliansi Mahasiswa Jakarta Desak KPK Usut Dugaan Korupsi Hakim Agung

Lebih lanjut menurutnya, acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan turut membuka potensi kemitraan dan kerja sama serta memberikan informasi kepada calon mahasiswa khususnya siswa SMA mengenai program pendidikan tinggi mulai dari program sarjana hingga pasca sarjana, mobilitas mahasiswa, mahasiswa pertukaran, pengembangan kurikulum, penelitian dan pengembangan serta lainnya.

ilustrasi buku sebagai ornamen pendidikan

Photo :
  • vstory

"Bagi peserta pameran dari luar negeri, acara ini merupakan peluang promosi global serta mendukung penerapan Key Performance Indicator pada mahasiswa, dosen, dan petinggi dari universitas. Pameran ini diharapkan dapat membuka jalan untuk berkolaborasi dengan dunia internasional, sejalan dengan globalisasi di berbagai aspek," kata Yayat. 

Sebagai informasi, Hepcon 2024 yang digelar oleh MSW Global ini berlangsung selama tiga hari, pada 29 hingga 31 Agustus 2024. Sejumlah topik utama seputar pendidikan tinggi, mulai dari tantangan hingga peluang menuju standar internasional dibahas pembicara terkemuka dari dalam dan luar negeri selama tiga hari event.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya