Viral, Wisudawan UI Bentangkan Poster ‘Peringatan Darurat’ saat Wisuda

Poster Garuda biru 'Peringatan Darurat' saat wisuda UI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Depok, VIVA – Universitas Indonesia (UI) menggelar Upacara Wisuda Tahun Akademik Semester Genap 2023/2024 pada hari Sabtu, 24 Agustus 2024. Namun ada pemandangan berbeda saat upacara wisuda yang digelar hari ini.

Sri Mulyani Wanti-wanti Mahasiswa FEB UI, Integritas Jadi Kurs dalam Praktik Ekonomi

Dari foto yang ramai beredar memperlihatkan sejumlah wisudawan membentangkan poster warna biru bergambar Garuda dengan tulisan ‘Peringatan Darurat’. Belum diketahui maksud para wisudawan membentangkan poster tersebut. Belum diketahui juga siapa saja wisudawan yang membentangkan poster itu.

Peringatan Darurat

Photo :
  • instagram
Indonesia Dalam Bahaya Otoritariarisme, Dewan Guru Besar UI Minta Revisi UU Pilkada Dihentikan

Seperti diketahui bahwa wisuda tersebut dibagi dalam dua sesi. Yaitu pada pukul 09.00 - 11.00 WIB dan sesi kedua pada 14.30 - 15.30 WIB. Sedangkan pada Minggu 25 Agustus 2024, wisuda juga dibagi dalam dua sesi yaitu pukul 09.00 - 11.00 WIB dan 14.30 - 15.30 WIB.

Terkait dengan wisudawan yang membentangkan  poster, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lusia mengatakan, itu bagian dari ekspresi mengungkapkan pendapat. Karena setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk berpendapat dan mengemukakan pendapat.

BEM UI Demo ke DPR Kawal Putusan MK, Dekan FISIP: Ini Gerakan Moral, Bukan Politis

“Tentu saja, dalam mengemukakan pendapat ada peraturan yang harus kita patuhi, tata cara, dan tata krama yang harus diperhatikan dan diterapkan,” katanya, dikutip Minggu 25 Agustus 2024.

Amel, sapaan akrabnya menuturkan, mahasiswa UI adalah warga negara. Namun pada prinsipnya memiliki hak dan kewajiban yang sama. UI menghormati hak setiap warganya dalam berpendapat dan mengemukakan pendapat.

“UI menghormati hak setiap warganya dalam berpendapat dan mengemukakan pendapat, sepanjang hal itu dilakukan sesuai dengan tata cara dan tata krama yang berlaku,” tukasnya.

Sementara itu, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam pidatonya hari ini menyampaikan, total lulusan dari jenjang program pendidikan Vokasi hingga Doktor berjumlah 9.074 orang. Mereka terdiri atas 619 lulusan program diploma, 4.730 lulusan program sarjana, 511 lulusan profesi, 385 lulusan spesialis 1, 2.532 lulusan magister, 86 lulusan spesialis 2, dan 211 lulusan doktor.

“Tahun ini, banyak pencapaian yang berhasil diraih sivitas akademika Universitas Indonesia, di level nasional maupun global. Universitas Indonesia terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di level Asia Tenggara dan terpandang di dunia. Hasil kerja keras itu dibuktikan lewat apresiasi dari QS World University Ranking. Tahun ini, UI menempati peringkat 206 di dunia, meningkat pesat dari tahun lalu yang berada di peringkat 237. UI juga mampu bertahan di posisi 1 di Indonesia versi THE Asia University Rankings 2024," katanya.

Kampus Universitas Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

UI memiliki sumber daya manusia yang mendedikasikan karya dan kompetensinya untuk bangsa dan negara. Sebagian di antara mereka menjadi wisudawan terbaik dari jenjang sarjana hingga doktor yang diwisuda hari ini. Rektor berpesan agar wisudawan dapat menjadi model bagi mahasiswa selanjutnya.

“Jadilah kebanggaan bagi UI, karena sumbangsih keilmuan Anda di luar sana, menjadi model bagi mahasiswa selanjutnya, dan  duta-duta terbaik UI berkat karya inovasi yang mampu menjawab permasalahan orang banyak,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya