Ibnu Aswan dan Violetha Agryka Harumkan Nama Sumut di Paskibraka Nasional 2024 di IKN

Kolese foto Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni dan Ibnu Aswan serta Violetha Agryka.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA – Dua putra-putri asal Sumatera Utara sukses menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional pada Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) pada 17 Agustus 2024. 

BPIP Bantah Kabar Pembawa Baki Diganti Detik Terakhir Upacara HUT RI di IKN

Kedua putra-putri asal Sumut tersebut, adalah Ibnu Aswan (15), siswa SMA Negeri 1 Tanjung Balai, dan Violetha Agryka Sianturi, siswi SMA Negeri 1 Sibolga.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni, menyampaikan rasa syukur dan bangganya terhadap dua putra-putri terbaik asal Sumut yang telah sukses mengemban tugas sebagai Paskibraka Nasional.

Paskibra Luwu Kehilangan Sepatu Saat Kibarkan Bendera Merah Putih

"Keduanya telah mengharumkan nama Sumatera Utara di kancah nasional. Ibnu dan Violetha tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga dan sekolah mereka, tetapi juga seluruh masyarakat Sumut. Mereka adalah teladan bagi generasi muda lainnya," ucap Fatoni, Minggu 18 Agustus 2024.

Kebanggaan tersebut semakin bertambah ketika Violetha Agryka Sianturi dipilih untuk memimpin upacara pengukuhan Paskibraka di IKN, sebuah tugas yang sangat prestisius dan penuh tanggung jawab.

Terpopuler: Komandan Upacara HUT RI di IKN hingga Pelajar Kaltim Bawa Baki Sang Merah Putih

"Saya sangat terharu dan bangga, terutama saat Presiden Joko Widodo langsung menyematkan lencana kepada Violetha sebagai perwakilan dari Paskibraka 2024. Ini adalah momen bersejarah tidak hanya bagi Violetha, tetapi juga bagi Sumut," tambahnya.

Tim Paskibraka Nusantara Baru di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA

Fatoni juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Badan Kesbangpol Sumut, Ardan Noor, beserta seluruh tim seleksi Paskibraka Provinsi Sumut.

"Kerja keras mereka dalam melakukan seleksi dan pembinaan telah membuahkan hasil yang luar biasa. Kita patut berterima kasih atas dedikasi mereka dalam menghasilkan putra-putri terbaik dari berbagai kabupaten dan kota di Sumut," ujarnya.

Dengan prestasi yang dicapai oleh Ibnu Aswan dan Violetha Agryka Sianturi, Fatoni berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Sumatera Utara untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Mereka adalah bukti bahwa dengan kerja keras, disiplin, dan semangat yang tinggi, kita bisa mencapai hal-hal yang luar biasa. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Sumut," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Sumut Ardan Noor didampingi Kabid Bina Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Muhammad Andry berterima kasih kepada Pj Gubsu Agus Fatoni yang menaruh perhatian besar bagi suksesnya Paskibraka 2024.

"Aswan dan Violetha merupakan yang terbaik dari seleksi yang dilakukan atas para pelajar terbaik yang dikirim oleh kabupaten dan kota se-Sumut," ujarnya menjelaskan Sumut mengirim 4 pelajar terbaik ke tingkat nasional.

Pengukuhan Paskibraka 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • Istimewa

Aswan dan Violetha katanya juga terpilih dari seleksi tingkat nasional dari utusan propinsi se-Indonesia. "Di tingkat kabupaten kota tercatat seratusan ribu siswa yang mendaftar melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka," jelas Ardan yang juga Pj Bupati Palas.

Dari 4 siswa terbaik yang dikirim ke tingkat nasional teepilih Aswan dan Violetha, sedangkan 2 lainnya kembali ke Sumut bergabung dengan Pasukan Paskibraka Propinsi Sumut yang bertugas pada Upacara HUT ke-79 RI Tingkat Propinsi Sumut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya