Dokter RSUD Kardinah Ditemukan Meninggal, Diduga Alami Perundungan saat Pendidikan di FK Undip

Dokter RSUD Kardinah dimakamkan di TPU Mbah Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • Tri Handoko

Tegal, VIVA – Seorang dokter berinisial ARL ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada hari Senin, 12 Agustus 2024. 

Drama Resident Playbook Terancam Batal Tayang Akibat Aksi Mogok Dokter di Korea Selatan

ARL adalah dokter di RSUD Kardinah, Kota Tegal dan sedang menempuh pendidikan PPDS berkat beasiswa dari Pemerintah Kota Tegal. Ia meninggal di saat mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anastesi di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) Semarang, Jawa Tengah. 

ARL, yang berusia 30 tahun dan merupakan warga Jalan Waringin, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, diduga mengakhiri hidupnya setelah mengalami perundungan selama pendidikan spesialisnya di RSUP Dr. Kariadi, Semarang.

Karyawan Dipaksa Kerja sampai Subuh, Ayah Tega Bakar Anaknya Sendiri

Dokter RSUD Kardinah dimakamkan di TPU Mbah Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah

Photo :
  • Tri Handoko

Dugaan perundungan ini tertuang dalam Surat Pemberhentian Program Anastesi Undip yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dengan nomor TK.02.02/D/44137/2024. 

Kata Polisi soal Dokter Aulia Transfer Rp 225 Juta ke Beberapa Orang Sebelum Meninggal

Menanggapi berita meninggalnya ARL, Plt Direktur RSUD Kardinah, dr. Lenny Harlina Herdha Santi, meminta agar masyarakat tidak berspekulasi mengenai penyebab kematian ARL. “Kami menghormati proses yang sedang dilakukan oleh pihak berwenang untuk menentukan penyebab pasti kematian almarhumah,” kata dr. Lenny saat ditemui media pada Kamis, 15 Agustus 2024. 

Dr. Lenny menjelaskan bahwa ARL sebelumnya menderita Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau saraf kejepit. Ia juga menambahkan bahwa ARL dikenal sebagai sosok yang baik, sopan, dan cerdas selama bekerja di RSUD Kardinah sejak tahun 2019. 

“Keberhasilan beliau dalam mendapatkan beasiswa pendidikan mencerminkan dedikasinya. Kami sangat kehilangan sosok yang begitu berharga,” ungkap dr. Lenny.

Ketika media mengunjungi kediaman ARL, terlihat bahwa rumah dalam keadaan sepi dan pagar tertutup. Ketua RT 02 RW 04 Kelurahan Mintaragen, Abdul Rozak, mengonfirmasi bahwa ARL telah dimakamkan di TPU Mbah Panggung, Kota Tegal pada Selasa, 13 Agustus 2024, sekitar pukul 14.00 WIB. 

“Almarhumah adalah sosok yang baik dan sopan, dan kami mengenalnya sejak kecil. Kami merasa kehilangan yang mendalam,” ujar Abdul Rozak. (Tri Handoko/Tegal)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya