Kolaborasi Pertamina TC-GreatNusa Perkenalkan Digital dan Modular Learning untuk Industri 4.0

Siapkan SDM untuk Industri 4.0: Pertamina Training & Consulting dan GreatNusa by Bina Nusantara Perkenalkan Digital Learning dan Modular Learning
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Jakarta, VIVA –Untuk menyiapkan profesional siap kerja dengan mindset bertumbuh, GreatNusa by Bina Nusantara (GreatNusa) bersama Pertamina Training and Consulting (PTC) menghadirkan berbagai program pembelajaran modular learning yang mencakup soft skill dan technical skill.

Mitos atau Fakta: Pertamax Tidak Cocok untuk Mobil Baru?

Program ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan peserta agar siap bekerja di era industri 4.0, baik untuk level strategis maupun operasional. Sebagai simbol dari kerja sama strategis antara GreatNusa dengan PTC ini dalam upaya ini telah dilakukan penandatanganan kesepakatan antara dua pihak demi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja di era Industri 4.0.

GreatNusa dan PTC akan menyediakan materi pembelajaran yang bersifat modular learning, yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di Indonesia melalui metode pembelajaran digital.

Teknologi Ini Punya Filter Vitamin C

Ilustrasi digital marketing.

Photo :
  • Pixabay

Modular learning adalah pendekatan pendidikan yang memungkinkan peserta untuk belajar melalui modul-modul yang terpisah namun saling terkait. Setiap modul dapat dipelajari secara mandiri atau sebagai bagian dari kurikulum yang lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada peserta untuk memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwal mereka.

Pemasaran Basis Data hingga AI Bisa Hanya Bisa Selamatkan Bisnis di Era Digital, Ini Penjelasannya

Dengan pendekatan itu, peserta dapat mengembangkan keterampilan spesifik secara bertahap dan menyesuaikan pembelajaran mereka sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan karier mereka. Modular learning akan menawarkan berbagai program inovatif seperti Digital Leadership Bootcamp, Project Management Bootcamp, dan digital bootcamp lainnya yang nantinya yang berkaitan dengan leadership and technology

Tantangan di era digital

Prof. Firdaus Alamsjah PhD, Direktur Utama GreatNusa, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Agustus 2024, mengatakan bahwa di tengah era digital, pengembangan SDM menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk generasi Gen-Z dan milenial yang merupakan bagian penting dari tenaga kerja masa kini.

Mereka tumbuh dalam lingkungan yang didominasi oleh teknologi, katanya, namun sering menghadapi kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Modular learning menjadi sangat penting dalam konteks ini, karena memungkinkan mereka untuk memperoleh keterampilan yang relevan secara efisien dan fleksibel, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

Ilustrasi bisnis di era digital

Photo :
  • www.pixabay.com/fancycrave1

"Kami percaya bahwa modular learning adalah kunci untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, memungkinkan peserta untuk fokus pada keterampilan yang mereka butuhkan dan mengembangkan kemampuan mereka secara bertahap," kata Firdaus Alamsjah. "Dengan program ini, kami berkomitmen untuk mendukung transformasi digital di Indonesia dan mempersiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan industri 4.0."

"Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini karena akan membantu pengembangan kompetensi SDM bagi para mitra kami yang dimulai dari Pertamina Group juga unit lainnya di BUMN. Kami yakin bahwa program-program ini akan memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta dan mendukung perkembangan industri di Indonesia," kata Muhammad Shabran Fauzani, Presiden Direktur Pertamina Training & Consulting.

Program Unggulan

Kolaborasi antara GreatNusa dan PTC bertujuan untuk memberikan pelatihan komprehensif yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini dan masa depan. Ada tiga program unggulan yang akan ditawarkan, meliputi:

Pertama, Digital Leadership Bootcamp, dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan para peserta, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dan memimpin perubahan dalam transformasi digital yang dimulai dengan mindset hingga utilisasi data dan teknologi terbaru yang relevan dengan Industri 4.0.

Kedua, Project Management Bootcamp, untuk mengenalkan konsep Agile dan Waterfall dalam manajemen proyek, dan membantu peserta memilih pendekatan yang tepat sesuai kebutuhan proyek. Dengan metode blended learning yang interaktif dan praktikal, peserta akan belajar mengelola sumber daya, risiko, dan jadwal secara efektif, serta memimpin tim dengan kolaboratif.

Ketiga, berbagai Digital Bootcamp yang fokus pada topik-topik kunci dalam bisnis dan teknologi informasi, termasuk Supply Chain Management, Business Development, UI/UX Design, Artificial Intelligence (AI), dan Full Stack Development. Program itu dirancang untuk membantu peserta menguasai keterampilan yang sangat dibutuhkan di pasar kerja saat ini, baik dalam bidang manajemen maupun teknologi.

Melalui kerja sama ini diharapkan ada penguatan topik-topik digital bootcamp pada industri energi dan pelayanan publik yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum dan industri.

Program-program hasil kerja sama itu akan tersedia mulai kuartal ketiga 2024 dan dapat diakses melalui platform GreatNusa serta berbagai mitra distribusi lainnya. Peserta juga dapat memanfaatkan penawaran khusus selama periode peluncuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya