Heboh Guru Curhat di TikTok Ada Puluhan Siswa SMP Belum Bisa Membaca

VIVA Edukasi: Heboh Guru Curhat Ada Puluhan Siswa SMP Belum Bisa Membaca
Sumber :
  • TikTok | sarah_2293

VIVA – Viral di media sosial. Seorang guru mengungkapkan fakta mengejutkan lewat video di TikTok. Bahwa ada banyak siswa SMP yang tidak bisa membaca. Fakta ini pun menjadi sorotan netizen.

Viral Video Hoaks Pembunuhan, Karyawati Toko Diperiksa Polisi

Video tersebut diunggah akun TikTok @sarah_2293. Dalam video tersebut, dia menuliskan: "Indonesia sedang tidak baik-baik aja. Anak SMP banyak yang gak bisa baca dan gak tau huruf alfabet."

"Akhirnya guru SMP mendapat tugas tambahan di luar jam ngajar harus ngajar siswa/i membaca," lanjutnya sambil menyematkan emoticon menangis.

Viral Youtuber Nikocado Avocado Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan

Dia pun meminta para orang tua siswa untuk peka dengan kepentingan anak-anak mereka. Karena pelajaran SMP cukup tinggi. Sehingga akan menyulitkan siswa jika masih belum bisa membaca dengan benar.

"Guru-guru SD juga tolong dong ajarkan mereka huruf. Kok bisa tamat SD, tidak tau huruf dan tidak bisa membaca. Kalau 1-2 siswa mungkin maklum, lah ini 30-an siswa gak bisa baca," keluhnya.

Demi Konten, Viral Aksi Truk Oleng Nyaris Menimpa Pengendara Motor

"Semangat para guru SMP yang berjuang keras tiap hari ngajari anak-anak membaca di Aula, semoga mendapatkan pahala berli[at-lipat. Aamiin," tutupnya dalam video unggahan.

Namun, semenjak viral, videonya kemudian dihapus oleh pemilik akun. Dalam video terbarunya, sang pemilik akun mengaku mendapat teguran. "Jadi saya ditegur juga karena viral semalam," ungkapnya.

"Videonya viral jadi ribut. Intinya saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Saya mau anak Indonesia pintar. Jangan membahas anak-anak yang ‘lambat’ (dalam mencerna pelajaran), tapi ini anak normal," tandasnya.

Semenjak viral, banyak reaksi netizen bertebaran di dunia maya. Ada beberapa yang juga mengalami fenomena aneh tersebut. Meski terkesan mustahil, bahwa ada anak SD tingkat akhir atau anak SMP yang belum bisa membaca.

"Ponakanku juga Uda kelas 5 sd belum bisa baca. pertanyaanku kok bisa dia naik kelas? ujiannya gimana gitu? padahal dulu gabisa baca tu bisa tinggal kelas, mohon maaf ini guru SD males ngajarin baca mangkanya dinaikin aja biar cepat lulus atau gimana dah?" ungkap seorang netizen.

"Ponakan gue naik kelas 4 sd temennya belom bisa baca. kok naik ya?" timpal netizen lainnya.

"Muridku smp juga ada yang belum mengenal huruf samsek. akhirnya di setiap jam pelajaranku, aku hanya membebankan tugas belajar membaca di saat temannya mengerjakan tugas yang semestinya. Alhamdulillah sekarang dia sudah mulai bisa baca walaupun belum lancar," tambah yang lain.

"Akhirnya ada yg speak up, dulu Alm mamah mertua aku guru BK di SMP Bogor, Bogor lho bukan daerah terpencil gitu, mamah pernah cerita kalo masih ada anak yang ga bisa baca, terus aku tanya kok bisa naik kelas? Katanya ya mau ga mau daripada "performance" sekolahnya jelek dan mamahku juga pernah dapet ancaman dari orang tua murid gegara ga naikin kelas anaknya. akhirnya mau ga mau pada naik kelas walaupun ga bisa baca, aku pertama kali denger ceritanya shock bgt. kalo SD masih oke belum bisa baca, ini SMP! ujiannya gmn? Ya mau ga mau ada "bantuan" dari guru," pungkas yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya