Siswa Indonesia Timur Dapat Beasiswa Kuliah dengan Nilai Rapor di President University, Ini Caranya!

Siswa SMA penerima beasiswa jababeka
Sumber :
  • Istimewa

Cikarang, VIVA – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia bagian timur masih menghadapi tantangan besar dalam bidang pendidikan dibandingkan dengan wilayah lainnya seperti Pulau Jawa. Kurangnya akses ke fasilitas pendidikan yang memadai, keterbatasan jumlah tenaga pengajar berkualitas, serta infrastruktur yang belum berkualitas menjadi faktor utama penyebab ketertinggalan ini.

Janji Kampanye Tak Dipenuhi, Warga Tagih Janji Beasiswa PIP ke Keluarga Cabup Polewali Mandar

Selain itu, distribusi anggaran pendidikan yang kurang merata juga turut memperparah kondisi tersebut. Menanggapi permasalahan tersebut, President University memberikan perhatian serius terhadap lulusan SMA dari Indonesia Timur. Enam siswa terbaik dari SMA Kristen 2 (Binsus) Tomohon menerima Beasiswa Jababeka dari President University untuk tahun ajaran 2024/2025.

"Keenam siswa siswi ini, berasal dari satu kelas yang sama, di bawah bimbingan Ibu Wali Kelas, Ibu Susana Lala, S.Pd," kata Wijaya Kurnia, Direktur Office of Admission, President University, di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Pendaftaran Beasiswa untuk Belajar di Inggris Telah Dibuka hingga November Mendatang

President University, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Photo :
  • president university

Keenam siswa tersebut nantinya akan berkuliah di President University yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yang menjadi tempat berdirinya 2.000 perusahaan multinasional dari 34 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Korea, China, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Australia.

Kesempatan Emas! 10 PTN Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Baru Calon Pemimpin

Nama Enam Penerima Beasiswa Jababeka:

  1. Syallomitha Aurelya Rosephine Mawitjere - International Relations (IRE)
  2. Prayse Mandagi - Information Technology (IT)
  3. ⁠Avelife Maria Easter Saroinsong - ⁠International Relations (IRE)
  4. Akwila Vindreo Gente - Industrial Engineering (IE)
  5. Gievara Hari Joachim Bogar - ⁠Industrial engineering (IE)
  6. Reiner Arjen Montolalu - International Relations (IRE) 

Diketahui, SMA Kristen 2 (Binsus) Tomohon adalah salah satu sekolah yang dimiliki oleh Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). Sekolah berasrama ini terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Nama "Binsus" merupakan singkatan dari "Binaan Khusus," yang menunjukkan bahwa siswa-siswi di SMA Kristen 2 Tomohon menerima pendidikan dan pembinaan khusus, baik di sekolah maupun di asrama.

Mereka akan belajar menggunakan Bahasa Inggris sepenuhnya dengan masa kuliah yang hanya berlangsung selama 3 tahun, yang mana pembelajaran terbagi menjadi dua bagian yaitu 2 tahun perkuliahan di kampus dan 1 tahun kerja magang. Hal itu sesuai dengan Kurikulum Kampus Merdeka yang mana masa studi ditempuh dalam 3 tahun atau 9 semester.

Beasiswa Jababeka ditujukan bagi lulusan SMA atau sederajat yang akan melanjutkan studi di President University, dengan persyaratan memiliki prestasi akademik yang baik, berusia 17-21 tahun, dan tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi.

Melalui beasiswa ini, mahasiswa akan mendapatkan subsidi biaya kuliah selama 9 semester hingga lulus sebagai Sarjana S-1 (kecuali untuk jurusan Arsitektur yang membutuhkan 11 semester). Beasiswa ini tidak tergantung pada perubahan IPK, kecuali bagi penerima Beasiswa Rank-1.

Ilustrasi Toga Wisuda

Photo :
  • Freepik

Syarat untuk mendapatkan Beasiswa Jababeka cukup mudah yaitu WNI, sehat secara fisik, dan bebas dari narkoba, berlaku untuk calon lulusan SMA atau sederajat atau maksimal 2 tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai, memiliki nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas X dan XI atau semester 1–4.

Berikut Cara Mendaftar Beasiswa Jababeka:

  1. Buka lama https://admission.president.ac.id/
  2. Klik “Jalur Beasiswa Rapor”
  3. Pastikan data diri diinput dengan jelas dan terperinci.
  4. Upload rapor kelas X dan XI atau semester 1–4.
  5. Masukan nilai rapor secara online, kelas X dan XI atau semester 1–4, pada mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  6. Tekan tombol “Submit”

Beasiswa Jabebeka menawarkan kesempatan pendidikan yang sangat berharga tanpa dipungut biaya apapun. Namun, penting untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan President University. Pastikan untuk memverifikasi keaslian informasi dan hanya mengikuti proses pendaftaran melalui situs resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya