Jadi Wadah Silaturahmi dan Sinergi, Ikatan Alumni University of Birmingham Resmi Dikukuhkan

Para Alumnus University of Birmingham Indonesia resmi membentuk IA UoB.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Para Alumnus University of Birmingham Indonesia resmi membentuk dan mendeklarasikan berdirinya organisasi Ikatan Alumni University of Birmingham (IA UoB). Berdirinya organisasi yang menaungi diaspora UoB ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi dan sinergi para alumnus dalam mendukung kemajuan pembangunan dan pertumbuhan bangsa.

Agustiar-Edy Siap Lanjutkan Program Pembangunan Kalteng, Infrastruktur jadi Fokus Utama

Digelar di Menara Bank Negara Indonesia (BNI), Pejompongan, Jakarta Pusat, deklarasi ini menetapkan Redita Aliyah sebagai ketua Umum IA UoB Indonesia. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung selaku Dewan Pembina IA UoB Indonesia dalam kesempatan ini 
sangat mengapresiasi terbentuknya dewan pengurus IA UoB Indonesia. Menurutnya, ini bukan sekedar acara 
seremonial tapi menjadi tonggak sejarah titik balik kekompakan diaspora UoB Indonesia dalam kiprahnya 
membangun negeri.

Didominasi Segmen Industri, WIKA Raih Kontrak Baru Rp 11,59 Triliun hingga Juli 2024

“Jadi bukan sekedar seremonial. Malam ini, ini adalah call of action dari kita, alumni Birmingham, kelompok intelektual Indonesia. Kita ingin menegaskan komitmen kita sebagai alumni Birmingham untuk berkontribusi 
pada negara ini dalam menghadapi dinamika dan tantangan yang begitu besar,” ungkap Juda dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Edukasi, Sabtu 27 Juli 2024.

Juda optimis, dengan formatur yang didominasi para punggawa muda IA UoB akan menjelma menjadi mercusuar yang mampu melahirkan inovasi dan gagasan cemerlang dalam menghadapi tantangan digitalisasi, geopolitik, ekonomi, dan finansial global. 

RI Teken Kerja Sama dengan Kongo dan Kepulauan Solomon Bantu Atasi Perubahan Iklim

”Di dunia kita tahu sekarang ini kondisi geopolitiknya sangat challenging, ditambah juga di Eropa Rising  Nationalism, digitalisasi dengan cyber security-nya, dan juga climate crisis. Jadi ada tantangan dan oppurtunity 
juga, kita juga sekarang harus mengarah ke sustainability economy, dan green economy,” lanjut Juda.

Selain itu selaku Deputi Gubernur BI, Juda mengharapkan IA UoB juga dapat memberikan kontribusi dalam 
memecahkan masalah terkait ketersediaan pangan, energi, pendidikan dan sektor vital lain di Indonesia.

”Tentu kita harus bergandengan tangan, berkontribusi di dalam pembangunan negeri ini. Oleh sebab itu, dengan kepemimpinan Mbak Redita dan kawan-kawan semua, saya optimis kita bisa melakukan berbagai upaya, berbagai kontribusi di dalam pembangunan negeri ini,” tandas Juda.

Ketua Umum IA UoB Indonesia terpilih Redita Aliyah pada sambutannya menyampaikan apresiasinya pada  seluruh jajaran alumni, dewan pembina dan steering commite yang mampu mengorganisir pembentukan dan 
pendeklaraisain IA UoB Indoneisa.

Redita menegaskan, bahwa Ikatan Alumni University of Birmingham siap menjadi katalisator pembangunan  nasional. Pada kesempatan ini Redita juga mengajak pada seluruh alumni untuk dapat memberikan kontribusi 
nyata bagi bangsa Indonesia tercinta.

”Saya mengajak seluruh Alumni University of Birmingham Untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan UoB. Mari teman-teman semua Kita bangun kebersamaan, saling mendukung dan kolaborasi demi kemajuan kita bersama dan demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkas Redita.

Sementara itu Ketua Panitia Pelantikan IA UoB, Aldian Vounthougerenth melaporkan bahwa kegiatan ini sukses menyedot kehadiran sebanyak 150 alumni, meningkat 50 persen dari acara halal bihalal yang sebelumnya digelar di Bank Indonesia.

Aldian merinci, tercatat hingga saat ini jumlah alumni aktif UoB berjumlah 700 alumni. Jumlah ini bisa jadi lebih  besar mengingat saat ini masih banyak alumni-alumni UoB yang belum mengisi form pendataan. Untuk itu Aldi mendorong agar IA UoB dapat mengakselerasi proses pendataan alumni sehingga dapat mempermudah dalam menjalin silaturahmi dan kolaborasi.

”Perkiraan data dari UoB saat ini kami memiliki lebih dari 700 alumni aktif dari data milis, belum lagi alumni yang belum terdata emailnya, mohon kiranya rekan rekan yang belum mengisi form pendataan, dapat mengisi,  sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk saling berjejaring satu sama lain,” sambung Aldian.

Ketua Department Public Relations IA UoB Indonesia, Rheza Ariftha Gentha ikut menambahkan bahwa  suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari kerja keras 18 orang alumni yang menjadi inisiator dalam pembentukan IA UoB Indonesia yang dideklarasikan pada April 2024. Mewakili para inisiator, Rheza menyampaikan apresiasi tinggi atas dedikasi dan komitmen dalam pembentukan IA UoB.

“Dengan mengusung semangat “Building Tomorrow Together” harapannya pada acara Inauguration Night 
dan Networking Night ini para pengurus baru dan alumni dapat saling mengenal sehingga kontribusi dan 
kolaborasi antar alumni Birmingham dan alumni UK dapat segera terjalin” tutup Rheza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya