Ini 5 Keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya, Berminat?

Ilustrasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan utama bagi calon dokter di Indonesia. Fakultas yang telah diakui secara global ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga berbagai fasilitas dan program unggulan yang mendukung kesuksesan para mahasiswanya.

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

Berikut adalah lima keunggulan utama dari Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya Jakarta:

1. Akreditasi A (Unggul), Rekognisi AUNQA, serta Sertifikasi ISO
Sejak berdiri dari tahun 1964, FKIK, Unika Atma Jaya Jakarta konsisten dalam mempertahankan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini menunjukkan komitmen fakultas dalam menjaga standar pendidikan yang tinggi. Selain itu, fakultas ini juga telah terekognisi oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUNQA), sebuah penghargaan yang menandakan kualitas pendidikan yang diakui di tingkat internasional.

Wamenkes: Perundungan tak Boleh Terjadi di Pendidikan Dokter Manapun

Lebih dari itu, FKIK Unika Atma Jaya juga memiliki sertifikasi ISO Sistem Organisasi Manajemen Pendidikan (21001: 2018), sebagai pembuktian bahwa FKIK Unika Atma Jaya memiliki standard dalam setiap pelaksaan perkuliahan. Dengan capaian akreditasi dan rekognisi ini, mahasiswa dapat merasa yakin bahwa mereka menerima pendidikan berkualitas yang diakui secara global.

2. Fasilitas Laboratorium, Fasilitas Kelas yang Modern, dan tersedianya Rumah Sakit Pendidikan 
FKIK Unika Atma Jaya memiliki berbagai fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap, seperti: Laboratorium FKIK UAJ dilengkapi dengan peralatan modern yang memungkinkan mahasiswa melakukan berbagai praktikum dengan standar yang tinggi. Keselamatan dan kelengkapan alat di laboratorium memastikan mahasiswa dapat mengasah keterampilan praktis mereka secara maksimal.

135 Mahasiswa Institut Teknologi PLN Lolos Seleksi dan Teken Kontrak Ikatan Kerja

Ruang kelas di FKIK UAJ telah dilengkapi dengan teknologi digital terkini, seperti proyektor interaktif dan sistem audio-visual mutakhir. Fasilitas ini menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendukung metode pembelajaran modern.

Universitas Katolik Atma Jaya

Photo :
  • Istimewa

Beragam wahana pendidikan disediakan untuk mendukung proses pembelajaran dan praktik mahasiswa, memperkaya pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis mereka.

Adanya Rumah Sakit Atma Jaya sebagai RS Pendidikan Utama milik sendiri, sehingga menciptakan kesinambungan pemdidikan antara teori dan praktik, serta dosen yang juga berpraktik di rumah sakit dapat memberikan pengawasan dan bimbingan langsung kepada mahasiswa selama praktik klinis.

Dengan fasilitas yang lengkap dan modern ini, FKIK UAJ memastikan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan pengalaman pendidikan yang komprehensif, interaktif, dan aplikatif, mempersiapkan mereka menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional.

3. Tingkat Kelulusan UKMPPD yang Tinggi
Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FKIK Unika Atma Jaya (PSPPD FKIK UAJ) juga dikenal dengan tingginya persentase kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) untuk peserta pertama (1st taker). Setiap tahun, rata-rata lebih dari 95% peserta 1st taker PSPPD FKIK UAJ berhasil melewati ujian ini.

Prestasi ini mencerminkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di fakultas, serta kesiapan para mahasiswanya dalam menghadapi tantangan di dunia medis. Tingginya tingkat kelulusan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa yang ingin memastikan kesuksesan mereka dalam menempuh pendidikan kedokteran.

4. Museum Anatomi Modern 
Satu lagi keunggulan yang dimiliki FKIK Unika Atma Jaya adalah adanya museum anatomi yang modern. Museum ini merupakan satu-satunya museum pendidikan PSPPD di Indonesia dilengkapi dengan berbagai koleksi model organ tubuh manusia yang sangat lengkap dan terkini.

Dengan adanya museum ini, mahasiswa dapat mempelajari anatomi manusia secara lebih mendalam dan praktis. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah yang signifikan bagi FK Unika dalam menyediakan sumber belajar yang komprehensif dan menarik.

5. Program Internasional bagi Mahasiswa
FKIK Unika Atma Jaya juga menawarkan berbagai program pertukaran mahasiswa atau course gratis ke universitas-universitas ternama di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah Leiden University Medical Center (LUMC) di Belanda dan Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan, Harvard Summer School di Tekyo University, dan beberapa diantaranya secara gratis.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman internasional, memperluas wawasan, serta membangun jaringan profesional di kancah global. Kesempatan untuk belajar di lingkungan internasional tentunya akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan para mahasiswa.

Semua fasilitas yang disediakan ini merupakan upaya untuk menghasilkan para dokter yang berkualitas.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya