UMSU Gelar Wisuda Diikuti 1.943 Lulusan, Ini Pesan Ketua PP Muhammadiyah

UMSU gelar wisuda 1.943 lulusan di Selecta Convention Hall, Kota Medan.(dok UMSU)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar wisuda diikuti 1.943 lulusan. Wisuda ini, berlangsung di Selecta Convention Hall, Jalan Listrik, Kota Medan, Selasa 9 Juli 2024.

Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor Universitas Udayana Periode 2024-2028

Acara wisuda dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, MA dan  Ketua LLDikti Sumut Prof. Saiful Anwar Matondang, PhD. Sementara sidang senat terbuka langsung dipimpin Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP  dan dihadiri anggota senat Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, MPd, Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, dekanat dan pimpinan pascasarjana. 

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Syafiq A. Mughni menyampaikan selamat kepada lulusan yang diwisuda banyak berprestasi. Atas nama PP Muhammadiyah, Prof. Syafiq menegaskan UMSU sebagai universitas telah mencapai prestasi luar biasa dan ternama sehingga cukup membanggakan persyarikatan dan masyarakat. 

Viral Momen Haru Wanita 71 Tahun Wujudkan Cita-cita Lulus S3, Seminggu Wisuda Lalu Meninggal

"Itu semua karena rektor dan jajarannya memiliki keseriusan, menerapkan manajemen yang handal, ikhlas dan amanah dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada siapapun tanpa diskriminasi," kata Prof. Syafiq, dalam sambutannya.

Atas prestasi itu, lanjut Prof. Syafiq, UMSU bersama PP Muhammadiyah mendapat penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Februari 2024. 

Dinar Candy Diam-diam Diwisuda, Kini Punya Gelar Sarjana Manajemen

Menurut Prof. Syafiq, penghargaan tahunan ini menjadi bentuk pengakuan dunia internasional atas upaya organisasi atau individu dalam hal memberi contoh aksi kemanusiaan dan perdamaian.

Kampus UMSU.(dok UMSU)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Dari pengakuan internasional ini, lanjutnya, UMSU semakin dikenal dan banyak yang menjalin kerjasama internasional. Tindaklanjut dari sini, Rektor UMSU Prof. Agussani akan bertemu dengan Syekh Al-Azhar, Kairo, Mesir di Jakarta.

"Sekali lagi selamat kepada Pak Rektor, sivitas akademika dan para lulusan yang diwisuda. Inilah satu tonggak pembangunan dan kebesaran UMSU," katanya.

Sementara itu, Kepala LLDikti Sumut Prof. Saiful Anwar Matondang, PhD menyampaikan dia bangga dengan kemajuan UMSU dan para lulusannya  yang banyak diserap pasar kerja. Untuk itu Prof.

Saiful mengapresiasi dan gembira program internasionalisasi di beberapa fakultas dan prodi sudah berjalan di UMSU. Dia berharap UMSU terus menambah akreditasi internasionalnya untuk prodi lain yang sudah Unggul. 

Sebelumnya dalam pidato Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyampaikan deretan prestasi nasional dan internasional dari mahasiswa dan para lulusan yang cukup membanggakan. 

Rektor juga berharap para mahasiswa menjaga nama baik almamater dan mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang mempercayai UMSU sebagai tempat menimba ilmu untuk generasi muda. 

UMSU gelar wisuda 1.943 lulusan di Selecta Convention Hall, Kota Medan.(dok UMSU)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Selain itu, Rektor Prof. Agussani memohon dukungan para lulusan untuk menyukseskan Muktamar Muhammadiyah di Medan pada 2027. Seiring itu UMSU tengah menyiapkan infrastruktur  kampus terpadu di Sampali, Deliserdang untuk tempat muktamar dan tower UMSU berlantai 17  untuk melayani administrasi dan pelayanan perkuliahan mahasiswa.

Rektor juga menyampaikan para lulusn harus bangga bahwa UMSU  berhasil masuk ke peringkati 21 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik untuk kawasan Asia Tenggara versi Pemeringkatan Applied Higher Education ASEAN’s Private University Ranking (AppliedHE). Selain itu UMSU juga telah mendapat rating bintang 4 dari QS Star serta lembaga pemeringkatan internasional al THE.

Sarjana yang wisuda juga banyak yang menorehkan prestasi di bidang akademik dan non akademik yang telah mengharumkan UMSU, Kota Medan, Sumatera Utara dan  bangsa Indonesia di kancah internasional. 

Basrah Bee Binte Shaik Husain, salah seorang  wisudawan Fakultas Kedokteran asal Singapura mengaku bangga kuliah di UMSU. Basrah  menjadi lulusan yang menyampaikan pidato di hadapan para hadirin yang terasa menginspirasi.

"Saya bangga dengan UMSU yang luar biasa. Terimakasih saya ucapkan kepada Pak Rektor Agussani," katanya dengan balutan pantun di akhir pidato yang mendapat apresiasi.

Pada acara wisuda hari pertama rektor mengukuhkan sarjana, magister dan ahli madya dari Fakultas Kedokteran, Fisip, Fak. Hukum, Fak. Teknik dan Pascasarjana S2 dan S3 Ilmu Hukum, sedangkan hari kedua  Fak.Agama Islam, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Fak. Pertanian, Fak. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi serta FKIP.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya