Indonesia dan Prancis Perkuat Kerjasama di Bidang Akademik, Ini yang Dibahas

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tjitjik Sri Tjahjandarie (Doc: Kemendikbudristek)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Paris – Pemerintah Indonesia dan Prancis terus memperkuat kerja sama bidang pendidikan tinggi, riset, dan teknologi. Dalam pertemuan Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group/JWG) ke-13, Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tjitjik Sri Tjahjandarie, memaparkan berbagai perkembangan program prioritas dan kolaborasi dengan Prancis.

Pejabat Pemprov Malut Beri Uang Rp 1 M ke Eks Gubernur Abdul Gani Demi Jabatan Kadis Pendidikan

Saat ini, Kemendikbudristek mengelola 4.484 institusi pendidikan tinggi, termasuk universitas, politeknik, serta akademi dan akademi komunitas. Dalam ekosistem seluruh institusi pendidikan tinggi ini, terdapat lebih dari 8 juta mahasiswa dan lebih dari 286 ribu dosen atau tenaga pengajar.

“Untuk mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk semua program akademik maupun vokasi, Kemendikbudristek menjalankan inisiatif atau transformasi kebijakan melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ucap Tjijik dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 5 Juli 2024.

Kehadiran Guru Besar Bukti Perguruan Tinggi Miliki Reputasi dan Kualitas

Dalam menjalankan MBKM, Kemendikbudristek telah menetapkan delapan indikator kinerja utama.

  1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak 2. Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus
  2. Dosen berkegiatan di luar kampus
  3. Praktisi mengajar di dalam kampus
  4. Hasil kerja dosen dimanfaatkan oleh masyarakat dan mendapat pengakuan internasional
  5. Program studi berstandar internasional
  6. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif
  7. Program studi berstandar internasional.
Cak Imin Sentil Menko PMK soal Usulan PTN Naikkan UKT: Generasi Muda Berpikir Ulang Mau Kuliah

“Indikator-indikator tersebut harus dipenuhi dan dijadikan panduan bagi semua institusi pendidikan untuk mengembangkan perguruan tinggi mereka. Kolaborasi JWG ini bertujuan untuk mencapai target dari delapan indikator kinerja utama di setiap perguruan tinggi,” tutur Tjitjik.

Ilustrasi mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Photo :
  • VIVA | Teguh Joko Sutrisno (tvOne)

Di bawah payung kebijakan Merdeka Belajar, terdapat empat program besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikasi (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Kampus Mengajar, dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Jumlah peserta untuk setiap program terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Seperti jumlah perguruan tinggi di Prancis yang bergabung dalam program IISMA, dari sebelumnya hanya satu perguruan tinggi kini menjadi 12 perguruan tinggi.

“Berdasarkan pengalaman ini, kita melihat bahwa kelompok kerja bersama ini sangat penting bagi kita untuk menindaklanjuti dan mendorong mobilitas akademik serta penelitian akademik antara dua negara,” lanjut Tjitjik.

Sebagai informasi, beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah memiliki kolaborasi atau kemitraan dengan institusi pendidikan tinggi di Prancis, seperti UGM, BINUS, ITB, UI, ITS, perguruan tinggi Katolik Indonesia Atma Jaya, dan sebagainya.

Kolaborasi ini mencakup berbagai macam kegiatan, seperti program mobilitas, termasuk mobilitas staf, mobilitas mahasiswa, akademisi, penelitian, dan juga program bersama seperti joint-degree, double-degree, pelatihan singkat, dan konferensi.

Ilustrasi wisuda

Photo :
  • Pixabay/McElspeth

Tjitjik menyebut bahwa sejak tahun 2022, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi selalu membuka kesempatan bagi perguruan tinggi luar negeri untuk mendirikan cabang di Indonesia. Ada beberapa perguruan tinggi yang telah mendirikan kampus di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami juga memberi kesempatan kepada perguruan tinggi di Prancis, untuk mendirikan perguruan tinggi di Indonesia, baik hanya untuk beberapa program maupun untuk mendirikan seluruh kampus di Indonesia.”

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya