Jalankan Rekomendasi KPAI, Disdik Sumut Jadwalkan Pemeriksaan Guru SMAN 8 Medan

Kantor Disdik Sumut, di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut menjadwalkan pemeriksaan sejumlah guru SMA Negeri 8 Medan terkait siswinya, MSF viral karena tinggal kelas. Hal itu, menjalani rekomendasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Guru Perempuan Terciduk ML dengan Murid hingga Hamil, Dihukum 6 Tahun Bui

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) SMA Negeri 8 Medan, M Basir S Hasibuan. Ia mengatakan jadwal pemanggilan guru SMAN 8 Medan pada Kamis besok, 4 Juli 2024.

Basir menjelaskan guru dipanggil bakal dimintai keterangan, adalah guru yang mengikuti rapat kenaikan atau tinggal kelas di SMAN 8 Medan.

Miris! Pensiunan Guru TK Diminta Kembalikan Gaji Rp75 Juta, Warganet: Kenapa Sih Pemerintah

"Benar, Insyaallah Kamis (besok pemanggilan guru di SMAN 8 Medan)," ucap Basir kepada wartawan, Rabu 3 Juli 2024.

Basir mengatakan pihaknya akan menjalani rekomendasi dari KPAI disampaikan ke Disdik Sumut, untuk meninjau ulang dan mencari solusi terkait dengan MSF yang tinggal kelas.

Pacu Kompetensi dan Profesionalitas, 13.383 Guru PAI Sekolah Umum Ikuti PPG

"Iya sesuai dengan rekomendasi KPAI Pusat," tutur Basir.

Siswi SMAN 8 Medan Viral Tidak Naik Kelas Usai Ayahnya Lapor Pungli.

Photo :
  • Instagram

Untuk diketahui, KPAI mengirimi surat kepada Disdik Sumut terkait adanya siswa SMAN 8 Medan yang tidak naik kelas berinisial MSF diduga karena hal lain.

KPAI menyurati Kepala Disdik Sumut melalui surat bernomor B-560/KPAI/PM/06/2024 tertanggal 28 Juni 2024 hari ini dan ditandatangani oleh Ketua KPAI, Ai Maryati Solihah yang berisikan 3 poin rekomendasi.

Salah satu rekomendasi KPAI yakni meminta kebijakan tinggal kelas yang diberikan kepada Ananda MSF agar dikaji ulang. Jika harus menyelesaikan syarat kenaikan kelas, dapat dilakukan dengan konsekuensi yang edukatif.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya