Deretan Universitas dengan Mahasiswa Terbanyak Se-Asia

Ilustrasi Mahasiswa Berkarya
Sumber :
  • UPJ

VIVA – Universitas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di dunia adalah Indira Gandhi National Open University (IGNOU) yang terletak di India. IGNOU memiliki lebih dari 7,4 juta mahasiswa terdaftar.

3 Mantan Mendikbud Hadir RDPU dengan DPR Bahas Biaya Kuliah, Anies Absen

Universitas ini terkenal karena model pendidikan terbuka dan jarak jauh yang memungkinkan banyak orang dari berbagai latar belakang untuk mengakses pendidikan tinggi tanpa harus menghadiri kelas secara fisik.

Kemudian, ada juga Universitas Terbuka (UT) di Indonesia berada di peringkat keempat dengan 1.045.665 siswa aktif. Sebagai universitas terbuka nasional, UT menyediakan pendidikan jarak jauh yang menjangkau berbagai wilayah di Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil.

Dibuka Menguat, IHSG Dibayangi Koreksi Usai Rilis Data Inflasi

Masih ada sejumlah universitas lainnya yang diketahui memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Asia, seperti yang dibagikan melalui akun Instagram @indonesiabaik.id ini.

IKATA: Peluang Kerja Tambang Masih Dilirik Gen Z, Salah Satunya di Kaltim

Universitas dengan Mahasiswa Terbanyak di Asia

Pada tahun 2024, World Population Review menerbitkan data sepuluh universitas terbesar di Asia berdasarkan jumlah mahasiswa aktif yang terdaftar. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini;

Indira Gandhi National Open University, India

Jumlah mahasisa terdaftar 7.140.000

IGNOU adalah universitas terbuka terbesar di dunia, dengan lebih dari 4 juta mahasiswa. Universitas ini menawarkan berbagai program pendidikan jarak jauh.

National University, Bangladesh

Jumlah mahasiswa terdaftar 2.097.182

National University of Bangladesh adalah salah satu universitas terbesar di dunia dalam hal jumlah mahasiswa. Universitas ini memiliki sekitar 2,1 juta mahasiswa terdaftar. National University, Bangladesh, adalah sebuah universitas penghubung yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana melalui afiliasi dengan berbagai perguruan tinggi di seluruh Bangladesh.

Allama Iqbal Open University, Pakitasan

Jumlah mahasiswa terdaftar 1.121.000

Universitas ini memiliki lebih dari 1,3 juta mahasiswa. Mirip dengan IGNOU, Allama Iqbal Open University menawarkan berbagai program pendidikan jarak jauh dan terbuka.

Universitas Terbuka, Indonesia

Jumlah mahasiswa terdaftar  1.045.665

Universitas Terbuka (UT) di Indonesia memiliki 1.000.000 mahasiswa terdaftar. Sebagai universitas yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh dan terbuka, UT menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah terpencil.

Islamic Azad University, Iran

Jumlah mahasiswa terdaftar 1.000.000

Universitas ini memiliki lebih dari 1,5 juta mahasiswa yang tersebar di berbagai kampus di seluruh Iran. Islamic Azad University adalah salah satu universitas terbesar di dunia.

Tribhuvan University, Nepal 

Jumlah mahasiswa terdaftar 604.437

Tribhuvan University di Nepal memiliki lebih dari 600.000 mahasiswa terdaftar. Didirikan pada tahun 1959, universitas ini adalah universitas tertua dan terbesar di Nepal, menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana melalui sejumlah fakultas dan kampus afiliasi yang tersebar di seluruh negeri.

Ramkhamhaeng University, Thailand

Jumlah mahasiswa terdaftar 525.000

Ramkhamhaeng University di Thailand memiliki lebih dari 500.000 mahasiswa terdaftar. Didirikan pada tahun 1971, universitas ini menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana dan dikenal karena model pendidikan jarak jauh serta terbuka yang memungkinkan fleksibilitas bagi para mahasiswanya.

King Abdulaziz University, Arab Saudi

Jumlah mahasiswa terdaftar 177.234

King Abdulaziz University (KAU) di Arab Saudi memiliki lebih dari 150.000 mahasiswa terdaftar. Universitas ini, yang terletak di Jeddah, adalah salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar dan paling terkenal di Arab Saudi, menawarkan berbagai program akademik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, humaniora, dan ilmu sosial.

Korea National Open University

Jumlah mahasiswa terdaftar 173.758

Korea National Open University (KNOU) memiliki sekitar 173.758 mahasiswa terdaftar. Universitas ini menawarkan program pendidikan jarak jauh yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara fleksibel, tanpa perlu menghadiri kelas secara fisik. KNOU adalah salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar di Korea Selatan dan berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di seluruh negeri.

Universitas Teknologi MARA, Malaysia

Jumlah mahasiwa terdaftar 100.000

Universitas Teknologi MARA (UiTM) di Malaysia memiliki lebih dari 90.000 mahasiswa terdaftar. UiTM adalah salah satu universitas terbesar di Malaysia dengan berbagai kampus di seluruh negeri, menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang studi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya