BINUS-ASO Rayakan Satu Dekade dengan Menyiapkan Engineer Terbaik

Perayaan Satu Dekade BINUS-ASO
Sumber :
  • BINUS-ASO

VIVA – BINUS-ASO School of Engineering (BINUS-ASO) menyadari kebutuhan terhadap tenaga engineer yang terus berubah seiring perkembangan digital. Oleh karena itu, BINUS-ASO merayakan satu dekadenya dengan tema ‘A Decade in Shaping Future Engineering Leaders’ pada 28-29 Juni 2024 di kampus BINUS Alam Sutera, Tangerang. Acara ini dihadiri oleh Managing Director BINUS-ASO School of Engineering, Mr. Koichi Ito.

Tawarkan Gaji Besar! Jurusan Kuliah Teknik yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Tambang

BINUS-ASO sendiri berdiri pada tahun 2014 sebagai hasil kerjasama BINUS UNIVERSITY (Indonesia) dan ASO College Group (Jepang). Selama 10 tahun BINUS-ASO telah mencetak banyak prestasi. Dua program studi unggulannya yaitu Automotive Robotics Engineering (ARE) dan Product Design Engineering (PDE). Keduanya memiliki tingkat penyerapan lulusan dalam industri sebesar 100%.

Perayaan Satu Dekade BINUS-ASO

Photo :
  • BINUS-ASO
Top 10 Kampus untuk Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia Versi SIR 2024

Selain ARE dan PDE, BINUS-ASO juga memiliki program baru, yaitu Business Engineering. Kurikulum seluruh program studi di BINUS-ASO berdasarkan pembelajaran holistik yang  menggabungkan teori dan pelatihan praktik.

Tingginya tingkat penyerapan industri lulusan BINUS-ASO didukung oleh kemitraan yang sinergis dengan berbagai perusahaan melalui internship, rekrutmen lulusan, dosen tamu, FGD kurikulum, riset, dan kerja sama lainnya. Mitra-mitra ini termasuk Toyota, Astra Honda Motor, Polygon, Vivere, BCA, Blibli, Kawan Lama Group, dan Wings Group.

10 Kampus Terbaik untuk Jurusan Desain Grafis Tahun 2024 di Indonesia Versi Edurank

Dalam perayaan satu dekade, karya mahasiswa dari ketiga program studi akan dipamerkan untuk mengapresiasi inovasi dan kreativitas mereka. Pameran ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperkenalkan hasil riset dan rancangan mereka kepada masyarakat dan ahli industri, serta menjalin networking yang lebih luas.

“Melalui pameran ini, mahasiswa berkesempatan memperkenalkan hasil riset dan rancangan mereka kepada berbagai kalangan, mulai dari masyarakat awam hingga ahli dari industri. Dengan demikian, mereka dapat menjalin network yang berharga untuk mendukung karier kedepannya,” kata Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan selaku Dekan BINUS-ASO School of Engineering pada Jumat (28/6/24).

Acara ini juga mencakup Industry Gathering dan Alumni Gathering yang mempertemukan lulusan BINUS-ASO dengan key figure industri, memungkinkan peluang kerjasama baru yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. 

Gathering tersebut juga bertujuan menguatkan jejaring alumni dan menjaga relasi mereka dengan almamater, sehingga menciptakan hubungan mutualisme yang solid sesuai visi misi universitas.

“Kami mengundang perwakilan industri untuk memberikan apresiasi karena telah banyak berkontribusi dalam kemajuan BINUS-ASO. Kami juga berharap mereka dapat mengenal lebih dekat BINUS-ASO, sekaligus menjajaki peluang kerjasama baru yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak,” ujar Yeni Mukti, Employability & Entrepreneurship Center Manager BINUS Alam Sutera.

Selain pameran karya, perayaan satu dekade BINUS-ASO juga mencakup pengalaman internship dan summer course di Jepang, presentasi mobil listrik oleh BINUS ASO, serta talk show tentang teknologi dan bisnis. Acara ini dimeriahkan dengan atraksi Taiko dan Kendo yang dimainkan oleh mahasiswa. Taiko dan Kendo adalah seni bermain drum dan bela diri khas negara Jepang.

BINUS-ASO berkomitmen untuk terus menyiapkan SDM yang memenuhi kebutuhan industri dan menyesuaikan kurikulumnya agar lulusannya lebih siap bekerja. Mereka juga mendorong mahasiswanya untuk berprestasi, seperti tim D’BASE yang akan berlaga di Shell Eco Marathon Mandalika tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya