Peringkat Keempat Pendaftar Terbanyak, USU Gelar SMM PTN Barat 2024 Diikuti 1.956 Peserta

USU gelar SMM PTN Barat 2024.(dok USU)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Universitas Sumatera Utara (USU), menggelar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat Indonesia (SMM PTN Barat) 2024.

BTN JAKIM 2024 Sukses Digelar, Heru Budi: Promosikan Sport Tourism Jakarta

USU melaksanakan SMM PTN Barat 2024 diikuti, berlangsung dari tanggal 27 hingga 28 Juni 2024, yang diikuti oleh 1.956 orang pendaftar. Sedangkan, hari pertama, Kamis 27 Juni 2024, ada 5 lokasi ujian di lingkungan kampus. 

Untuk diketahui, USU berada di peringkat 4 perguruan tinggi negeri dengan jumlah pendaftar SMM PTN Barat terbanyak, untuk 25 PTN yang menjadi peserta. Di mana, jumlah keseluruhan pendaftar sebanyak 24.670 peserta.

23 Universitas Negeri di Indonesia Versi THE World University Rankings 2024

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si

Photo :
  • B.S.Putra (Medan)

Hal itu, diungkapkan Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, kepada wartawan, usai melaksanakan peninjauan terhadap pelaksanaan SMM PTN Barat di Kampus USU. Ia mengatakan pelaksanaan sudah dipersiapkan dengan baik dan maksimal.

KPK Blak-blakan Penyebab Melonjaknya UKT PTN Tiap Tahun

“USU adalah salah satu dari 25 PTN yang menggelar ujian SMM PTN Barat, yang dilakukan oleh Konsorsium BKSPTN Barat. Lokasi ujian di USU berada di 5 lokasi yaitu di gedung Pusat Sistem Informasi, Fasilkom TI, Fakultas Teknik, FMIPA dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Total daya tampung di USU untuk jalur ini sebanyak 268 kursi, di mana pengumumannya akan dilakukan pada tanggal 9 juli 2024 nanti,” kata Muryanto.

Gedung Universitas Sumatera Utara (USU)

Photo :
  • Dokumen USU

Ujian dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi pagi hari yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan sesi siang hari pada pukul 13.15 WIB. Adapun materi yang diujikan adalah ujian potensi skolastik, ujian literasi bahasa Inggris, ujian literasi bahasa Indonesia dan ujian Penalaran Matematika. Rektor berharap, pelaksanaan ujian dapat berlangsung dengan baik dan lancar, serta menghasilkan calon mahasiswa baru unggulan untuk USU.

Dalam peninjauan di hari pertama ujian, Rektor USU didampingi oleh Wakil Rektor 3, 4 dan 5 USU, Sekretaris Universitas, para pimpinan Direktorat dan Panitia Pelaksana Ujian. Selain SMM PTN Barat, USU juga akan menerima mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) yang akan digelar pada tanggal 17-18 Juli 2024. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka pada 24 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya