UI Buka Pendaftaran Bakal Calon Rektor Periode 2024-2029, Ini Jadwalnya

UI Buka Pendaftaran Bakal Calon Rektor Periode 2024-2029
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

VIVA – Universitas Indonesia (UI) membuka pendaftaran bakal calon Rektor UI periode 2024-2029. Pendaftaran dibuka pada 15 Juli hingga 3 Agustus 2024.

Ditanya soal Pemeriksaan di KPK Terkait Harun Masiku, Hasto Bahas Disertasinya di UI

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Dr. (H.C.) K.H. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan, pemilihan Rektor UI terbuka untuk umum berdasarkan persyaratan yang ditentukan. Seluruh tahapan seleksi akan dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan meritokrasi.

“Setiap kegiatan dan hasil akhir dari Pemilihan Rektor harus dipertanggungjawabkan kepada warga UI. Setiap warga UI berhak memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang Pemilihan Rektor dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia negara. Selain itu, penilaian yang dilakukan harus didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar,” katanya, Selasa 25 Juni 2024.

Manuver PKS Usung Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta, PDIP: Belum Final, Masih Bisa Berubah

Bakal calon rektor harus memenuhi persyaratan utama. Antara lain berkewarganegaraan Indonesia; sehat jasmani dan rohani; berpendidikan dan bergelar doktor (setara dengan spesialis); belum berusia 60 tahun pada saat dilantik menjadi rektor sesuai dengan jadwal yang ditetapkan; bukan anggota partai politik atau organisasi yang berafiliasi secara langsung dengan partai politik paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran; dan tidak pernah dihukum berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Bakal calon rektor juga harus memiliki integritas, komitmen, dan kepemimpinan yang tinggi; memiliki kreativitas untuk pengembangan potensi UI; berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi; serta memiliki kematangan pribadi, keterampilan interpersonal, dan kemampuan kerja sama yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan.

Ngaku Sering Bolos Semasa Sekolah, Praz Teguh: Bapak Gue Rektor

Proses pemilihan rektor UI dilakukan dalam lima tahapan. Mulai dari penjaringan, penyaringan, pemungutan suara, penetapan, dan pelantikan. Kelima tahapan ini akan dijalankan oleh Pansus Pilrek yang dibentuk oleh MWA; serta P3CR, yaitu panitia ad hoc yang dibentuk oleh Pansus Pilrek dengan anggotanya berasal dari warga UI dan masyarakat.

Universitas Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek), Prof. Dr. Bambang Wibawarta mengatakan, dalam proses pemilihan Rektor UI, tugas dari pansus adalah memilih anggota P3CR. Anggota P3CR yang merupakan dosen UI.

“Tim P3CR yang dibentuk memiliki 13 anggota yang terdiri atas 7 dosen, 2 tenaga kependidikan, 2 masyarakat/alumni, dan 2 mahasiswa. Tim ini tidak hanya menunggu siapa yang mendaftar, tetapi juga secara aktif menyosialisasikan dan mencari calon-calon terbaik untuk dapat mendaftar sebagai Calon Rektor UI periode 2024–2029,” katanya.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor (P3CR) UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan, dalam proses pemilihan Rektor UI, Tim P3CR akan menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab. Tim bertugas melakukan penelusuran dan penyaringan Calon Rektor melalui publikasi umum dan membuka pendaftaran Calon Rektor. Jadwal Penjaringan dan Penyaringan akan dirinci dengan memperhatikan jadwal pemilihan rektor yang ditetapkan MWA serta melaksanakan sosialisasi proses pemilihan rektor.

“Seluruh proses Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor yang dilakukan oleh P3CR didasarkan pada persyaratan Calon Rektor terjaring dan persyaratan Calon Rektor tersaring. Seluruh proses ini akan disampaikan kepada Pansus Pilrek melalui laporan pertanggungjawaban,” katanya.

Berikut Jadwal Pemilihan Bakal Calon Rektor UI Periode 2024-2029:

  • 1-15 Juli 2024 : Sosialisasi Pemilihan Rektor oleh Tim P3CR kepada sivitas akademika UI dan masyarakat
  • 15 Juli–3 Agustus 2024 : proses penjaringan, pendaftaran Bakal Calon Rektor UI
  • 5–7 Agustus 2024 : Pengecekan berkas administrasi pendaftar Bakal Calon Rektor.
  • 8 Agustus 2024 : Pengumunan nama pendaftar bakal calon rektor yang lolos diserahkan ke Pansus Pilrek
  • 9 Agustus 2024 : Penyerahan nama bakal calon rektor yang lolos
  • 12–26 Agustus 2024 : Proses Penyaringan (dilakukan dalam beberapa tahap). Dari keseluruhan pendaftar, Tim P3CR dengan diawasi oleh Pansus Pilrek akan menyaring seluruh pendaftar menjadi 20 Bakal Calon Rektor.
  • 26 Agustus hingga 9 September 2024 : Penyaringan 7 nama terpilih calon rektor. Dari 7 nama diseleksi hingga terpilih 3 kandidat calon rektor.
  • 19 September hingga 4 Desember 2024 : Proses penyaringan hingga penetapan dan pelantikan rektor terpilih dari 3 kandidat akhir

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya