Sederet Jurusan Kuliah dengan Peluang Masa Depan Cerah, Jangan Salah Pilih!

ilustrasi mahasiswa magang independen
Sumber :

VIVA –  Memilih jurusan kuliah yang berpeluang tinggi punya masa depan cerah adalah langkah penting untuk memastikan karier yang sukses dan memuaskan. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah tren pasar kerja, perkembangan teknologi, kebutuhan industri, dan minat pribadi.

7 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi yang Ingin Kerja di Pertambangan, Lulusannya Bergaji Fantastis!

Beberapa jurusan kuliah ini tentunya telah diidentifikasi sebagai pilihan yang menjanjikan dengan peluang kerja yang baik, serta potensi penghasilan yang tinggi, nih. Nah penting buat Anda yang masih galau ingin sekolah di jurusan apa, enggak ada salahnya untuk melihat rekomendasi jurusan kuliah dengan masa depan cerah berikut ini.

Berikut ini ada beberapa jurusan yang umumnya dianggap memiliki prospek cerah, yang sayang untuk Anda lewati;

Simak 7 Jurusan Kuliah Terbaik di Era Digital, Peluang Kerja Luas di Masa Depan

Teknik Informatika / Ilmu Komputer

Kebutuhan akan profesional di bidang teknologi terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital. Peluang karier di jurusan ini mulai dari pengembang perangkat lunak, insinyur sistem, analis keamanan siber, ilmuwan data.

Belum Ada Pengalaman Politik, Ini Perjalanan Karier Marshel Widianto!

Teknik Elektro

Dengan perkembangan teknologi dan energi terbarukan, insinyur elektro selalu dibutuhkan. Peluang karier dalam jurusan ini ada beberapa, yaitu insinyur jaringan, insinyur tenaga listrik, insinyur telekomunikasi.

Kesehatan

Profesi di bidang kesehatan selalu dibutuhkan dan cenderung stabil. Adapun peluang karier yang bisa dilakukan kedepannya adalah dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, terapis fisik.

Bisnis dan Manajemen

Setiap organisasi tentunya membutuhkan manajemen yang efektif dan membuat bidang ini selalu relevan. Untuk peluang karier dalam jurusan ini bisa dibilang cukup luas, mulai dari manajer proyek, konsultan bisnis, analis keuangan, manajer sumber daya manusia.

Teknik Sipil

Pembangunan infrastruktur yang terus berkembang membuat insinyur sipil selalu dibutuhkan. Adapun peluang karier yang perlu Anda ketahui di jurusan ini beberapa di antaranya adalah insinyur struktural, manajer konstruksi, perencana kota.

Desain Grafis dan Multimedia

Kebutuhan akan konten visual dan multimedia terus meningkat dengan berkembangnya industri kreatif dan digital. Untuk peluang kariernya, mulai dari desainer grafis, animator, pengembang game, desainer UX/UI.

Ilmu Data (Data Science)

Era big data membuat ahli data sangat dibutuhkan di berbagai sektor. Adapun peluang karier yang perlu Anda ketahui, di antaranya ilmuwan data, analis data, spesialis machine learning.

Teknik Mesin

Industri manufaktur dan otomotif selalu membutuhkan insinyur mesin. Untuk peluang karier sendiri di antaranya insinyur desain, insinyur produksi, insinyur otomasi.

Pendidikan

Kebutuhan akan guru dan pendidik berkualitas tidak pernah surut. Adapun peluang karier dalam jurusan pendidikan di antaranya guru, dosen, konselor pendidikan, peneliti pendidikan.

Memilih jurusan yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan minat dan bakat pribadi selain mempertimbangkan prospek karir. Jurusan yang dipilih dengan hati-hati dapat memberikan keuntungan kompetitif di pasar kerja dan memuaskan secara pribadi.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya