7 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi yang Ingin Kerja di Pertambangan, Lulusannya Bergaji Fantastis!

Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Tambang
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Industri pertambangan tidak hanya menawarkan peluang karier yang luas, tetapi juga menjadi salah satu sektor yang menggiurkan dari segi finansial. Memilih jurusan kuliah yang tepat bukan hanya tentang memperoleh keterampilan teknis, tetapi juga mengamankan potensi gaji yang menguntungkan. 

Sederet Jurusan Kuliah dengan Peluang Masa Depan Cerah, Jangan Salah Pilih!

Nah, artikel ini akan membahas tentang beberapa jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang tertarik untuk memasuki dunia pertambangan. Alhasil, setelah lulus biasanya menjanjikan peluang karier yang cemerlang dan penghasilan kompetitif.

Berdasarkan laporan Michael Page, gaji pekerja ahli di sektor pertambangan di Indonesia berkisar antara Rp20 juta sampai Rp230 juta per bulan. Sementara itu berdasarkan situs Gajimu, upah bulanan untuk level pemula pekerja tambang dan penggalian berkisar antara Rp3,6 juta hingga Rp9 jutaan.

Selamat! Atta Halilintar Lulus SMA Saat Sudah Punya Istri dan 2 Anak

Jurusan Kuliah untuk Kerja di Pertambangan

Berikut jurusan kuliah di Indonesia yang relevan untuk berkarier di bidang pertambangan:

Operator Mesin Uang Palsu di Jakbar Digaji Rp 1 Juta Sehari, Bonusnya Rp100 Juta

Ilustrasi mahasiswa berpeluang ikut IVES 2023

Photo :
  • vstory

1. Teknik Pertambangan

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang proses eksploitasi mineral, teknik penambangan, pengolahan, dan manajemen limbah pertambangan. Lulusannya dapat bekerja sebagai engineer tambang, supervisor produksi, atau manajer operasional di perusahaan pertambangan.

2. Geologi

Kemudian, ada jurusan Geologi. Jurusan kuliah ini mempelajari struktur bumi, sumber daya alam seperti mineral dan batuan, serta proses geologis yang relevan dengan eksplorasi dan eksploitasi tambang. Lulusannya dapat bekerja sebagai geolog eksplorasi, geolog tambang, atau ahli geoteknik.

3. Teknik Geologi

Berbeda dari jurusan sebelumnya, Teknik Geologi ini fokusnya lebih pada aplikasi teknik dalam eksplorasi dan pengelolaan sumber daya alam bumi, termasuk dalam konteks pertambangan. Nantinya, para lulusannya dapat bekerja dalam pemetaan geologi, survei geoteknik, atau manajemen proyek geologi.

4. Teknik Metalurgi

Jurusan ini mempelajari proses fisika, kimia, dan teknologi untuk memproses mineral dan logam menjadi bahan yang lebih berguna, seperti logam murni atau paduan. Lulusan Teknik Metalurgi ini dapat bekerja di pabrik pengolahan logam atau sebagai metallurgist.

5. Teknik Kimia

Meskipun tidak secara khusus untuk pertambangan, jurusan ini relevan karena mempelajari proses kimia yang bisa diterapkan dalam pengolahan mineral dan ekstraksi logam. Lulusan jurusan ini dapat bekerja dalam pengolahan mineral atau industri kimia terkait.

6. Teknik Sipil

Dalam konteks pertambangan, teknik sipil berperan dalam perencanaan, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur tambang seperti jalan, bendungan, atau instalasi pengolahan.

7. Teknik Elektro

Di urutan terakhir, ada Teknik Elektro. Mengingat perkembangan teknologi dalam pertambangan modern, seperti otomatisasi dan pengendalian proses, lulusan teknik elektro dapat bekerja dalam pengembangan dan perawatan sistem kontrol otomatis, instalasi listrik, atau pengembangan perangkat elektronik dalam industri pertambangan.

Itu dia deretan jurusan kuliah untuk bekerja di dunia pertambangan. Pilihan jurusan ini memberikan landasan pendidikan yang kuat untuk masuk ke industri pertambangan di Indonesia, yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang kaya dan beragam.

Baca artikel VIVA Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya