7 Jurusan Kuliah Ini Sangat Cocok untuk Kamu yang Introvert

Ilustrasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi (Gambar: Shutterstock)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Memilih jurusan kuliah yang tepat tidak hanya dipertimbangkan dari minat ataupun bakat yang dimiliki saja. Karakter pribadi dari masing-masing orang juga terkadang menjadi penentu, lebih baik kita masuk ke dalam lingkungan yang seperti apa.

Mahasiswa Mau Pakai Dana Pinjaman Online, Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini

Seperti contohnya karakter seorang introvert, mungkin memiliki pertimbangan khusus ketika hendak menentukan sebuah jurusan kuliah. Seperti diketahui, orang introvert biasanya lebih nyaman dalam situasi yang tenang dan menghindari interaksi sosial yang berlebihan. 

Mereka cenderung fokus pada pemikiran internal, kreativitas, dan aktivitas yang tidak memerlukan banyak interaksi sosial Introvert di sini bukan berarti anti sosial atau tidak bisa bersosialisasi, melainkan ini merupakan cara atau sikap seseorang untuk mengisi energinya dengan caranya sendiri.

Mau Kuliah di Inggris? Simak Hal Ini agar Tepat Pilih Kampus

Meskipun penganut kaum introvert, namun mereka memiliki kelebihan dan cenderung akan memilih untuk bekerja secara mandiri, berpikir mendalam mengenai masalah, dan cenderung memiliki tingkat fokus yang tinggi. 

Oleh karena itu, seorang introvert sangat tertarik pada jurusan yang lebih mengutamakan keterampilan analitis maupun kreativitas. Nah, berikut ini ada beberapa jurusan kuliah yang sepertinya cocok bagi kamu yang introvert? Kira-kira, apa saja? Scroll untuk baca artikel selengkapnya.

Pesan Zulkifli Hasan soal Kesuksesan Meraih Masa Depan

Farmasi

Jurusan pertama yang dinilai cocok untuk kamu yang introvert adalah jurusan farmasi. Di sini nantinya Anda akan belajar mengenai kesehatan, obat-obatan, manajemen dan pemasaran obat. Jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Masuk di jurusan ini, Anda akan mulai belajar untuk mencampur, meracik, mengkombinasi, menganalisis, hingga menciptakan obat yang sesuai dengan standar kualitas dan kelayakan. Pada jurusan ini, dibutuhkan keahlian analisis yang baik agar mampu mendeteksi bahan-bahan yang dapat dijadikan obat untuk manusia dengan efek samping yang seminimal mungkin.

Ilmu Komputer / Teknik Informatika

Cocok untuk mereka yang menikmati bekerja dengan komputer dan pemrograman.  Pekerjaan ini sering kali melibatkan pemrograman dan analisis data, yang bisa dilakukan secara individu dalam lingkungan yang tenang.

Ilmu Filsafat

Orang-orang yang memilih jurusan ini, tentunya memiliki pemikiran yang kritis. Anda akan didorong untuk berpikir kritis terhadap segala hal ataupun segala fenomena yang ada. Anda akan dibiasakan untuk menganalisis suatu masalah yang dihadapi, dengan mempertimbangkan nilai objektivitas.

Akuntansi

Karena terlalu banyak menghabiskan untuk menghitung sebuah data keuangan, jurusan kuliah ini dinilai cocok untuk kamu yang introvert. Hal tersebut dikarenakan, jurusan ini melibatkan sebuah ketelitian dan fokus pada detail, pekerjaan ini sering dilakukan sendiri.

Desain Grafis

Memungkinkan ekspresi kreatif secara individual. Ya, ini yang disukai oleh seorang introvert. Seorang introvert sangat suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk dunianya sendiri. Jika Anda adalah salah satunya, jurusan ini sangat cocok untuk Anda. 

Ilmu Perpustakaan

Terakhir ada jurusan ilmu perpustakaan. Dengan fokus untuk mengelola informasi dan koleksi perpustakaan dalam lingkungan yang tenang, membuat jurusan ini cocok buat kamu yang introvert.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya