Simak 7 Jurusan Kuliah untuk Berkarir di Industri Kreatif, Peluang di Masa Depan Terbuka Lebar

Ilustrasi mahasiswa Universitas Siber Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Deretan jurusan kuliah ini cocok bila kamu ingin bekerja atau membangun karir di industri kreatif. Program-program studi ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa dan daya kreativitas tinggi di berbagai bidang.

Lolos Masuk UGM Tanpa Tes, Begini Kisah Haru dari Seorang Anak Buruh Tani

Melansir dari Research Gate, masa depan industri kreatif masih sangat cerah. Apalagi dengan mengadopsi tren seperti personalisasi, pengalaman imersif, kolaborasi, dan dampak sosial, yang membuat industri kreatif berkembang di masa mendatang.

Beberapa karir terbaik dalam industri kreatif dengan peluang dan upah tinggi di masa depan di antaranya UX designer, spesialis augmented reality dan virtual reality, animator, content creator, game designer atau game developer, hingga produser konten digital.

10 Universitas dengan Jurusan Kuliah AI Terbaik di Dunia, Ada Asia Tenggara!

Jurusan Kuliah untuk Berkarir di Industri Kreatif 

Ilustrasi sosial-kreatif.

Photo :
  • Naimeo
6 Drama Korea yang Cocok Ditonton untuk Memahami Dinamika Kehidupan Kampus

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang ingin berkarir di industri kreatif:

1. Desain Komunikasi Visual

Di urutan pertama, ada jurusan Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini mengajarkan pengembangan keterampilan dalam desain grafis, ilustrasi, dan komunikasi visual. Para mahasiswa di jurusan ini belajar tentang teknik desain untuk media cetak, digital, dan interaktif.

2. Seni Rupa

Selanjutnya, ada Seni Rupa. Ini adalah program yang fokus pada pengembangan keterampilan artistik dalam seni lukis, patung, instalasi, dan seni rupa modern lainnya. Mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi seniman atau profesional di bidang seni.

3. Animasi

Jurusan ini mengajarkan teknik-teknik animasi, termasuk animasi 2D, 3D, efek visual, dan karakter animasi. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan  dipersiapkan untuk bekerja di industri film animasi, permainan video, atau media interaktif. 
 

4. Desain Produk

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari seputar pengembangan produk dari konsep hingga produksi. Mahasiswa belajar tentang desain industri, material, ergonomi, dan teknologi produksi. Para mahasiswanya dapat bekerja di industri manufaktur, desain produk, atau memulai usaha sendiri.

5. Fotografi

Program ini mengajarkan teknik fotografi, pencahayaan, teknologi kamera, dan pengeditan foto. Mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk karir sebagai fotografer profesional, fotografer produk, atau foto jurnalis. 

6. Film dan Televisi

Sesuai namanya, jurusan ini tentunya fokus pada pembuatan film, produksi televisi, sinematografi, skenario, dan pengeditan film. Mahasiswa yang memilih jurusan ini dapat mempelajari semua aspek produksi film dan televisi untuk bekerja di industri kreatif, khususnya, hiburan.

7. Pemasaran Digital dan Media Sosial

Jurusan ini mengajarkan strategi pemasaran digital, analisis media sosial, dan produksi konten digital. Para mahasiswanya akan dipersiapkan untuk karir di agensi digital, perusahaan pemasaran, atau bekerja sebagai spesialis media sosial.

Itulah deretan jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin bekerja di industri kreatif. Program-program studi ini menawarkan landasan yang kuat dalam teori dan praktik untuk memasuki berbagai bidang di industri kreatif yang luas dan berkembang di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya