10 Rekomendasi Liburan Edukatif bagi Anak di Jakarta, Berikan Pengalaman Belajar Menyenangkan

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Liburan anak telah tiba, itu artinya orang tua harus meluangkan sejenak waktu kosong untuk bisa menghabiskan momen bersama dengan buah hati. Tak perlu seminggu sekali, jika ada waktu kosong maka sempatkanlah mengisi hari libur mereka dengan pergi ke beberapa tempat wisata.

Lihat Senyum Keanu, Angelina Sondakh Nangis Ingat Adjie Massaid: Mirip Banget Sama Kamu

Liburan anak tentunya menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas edukatif yang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mereka. Tak perlu mahal dan menempuh jarak yang jauh, kalian bisa merencanakan liburan edukatif bersama buah hati di sekitaran Jakarta lho!

Selain dekat, sejumlah liburan edukatif ini cukup ramah anak dan dijamin menyenangkan. Berikut adalah beberapa liburan edukatif untuk anak di Jakarta yang dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan:

Moms Jangan Asal Pilih Popok Anak, Salah Pilih Bisa Picu Gangguan di Kaki

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII menawarkan berbagai paviliun yang mewakili budaya dan tradisi dari berbagai provinsi di Indonesia. Anak-anak bisa belajar tentang keragaman budaya Indonesia melalui anjungan, museum, dan pertunjukan seni.

Penculikan Bocah di Jakpus oleh Ibu Kandung Berakhir Damai

Planetarium Jakarta

Terletak di Taman Ismail Marzuki, planetarium ini memberikan pertunjukan tentang astronomi dan tata surya. Anak-anak dapat belajar tentang bintang, planet, dan fenomena astronomi lainnya melalui pertunjukan interaktif.

Museum Bank Indonesia

Museum ini menawarkan wawasan tentang sejarah perbankan di Indonesia. Anak-anak bisa belajar tentang perkembangan ekonomi dan keuangan negara melalui pameran interaktif dan multimedia.

Kidzania Jakarta

Kidzania adalah kota miniatur di mana anak-anak dapat mencoba berbagai profesi, seperti dokter, pilot, polisi, dan lainnya. Ini adalah tempat yang sempurna untuk belajar tentang berbagai karir dan tanggung jawab yang mereka miliki.

SeaWorld Ancol

Di Ancol, SeaWorld menawarkan pameran kehidupan laut yang mendidik. Anak-anak dapat belajar tentang berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya melalui akuarium besar dan pertunjukan interaktif.

Museum Nasional Indonesia

Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, museum ini menawarkan koleksi artefak sejarah dan budaya Indonesia. Anak-anak bisa belajar tentang sejarah, seni, dan warisan budaya Indonesia.

Taman Pintar

Meskipun lokasi utamanya di Yogyakarta, Taman Pintar memiliki konsep yang bisa ditemukan di Jakarta. Ini adalah taman bermain edukatif yang mengajarkan sains dan teknologi melalui permainan dan pameran interaktif.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang ini adalah tempat yang bagus untuk anak-anak belajar tentang berbagai jenis hewan. Ragunan memiliki banyak spesies hewan dan juga pusat primata yang mendidik.

Museum Layang-Layang

Museum yang berlokasi di Cilandak ini menampilkan berbagai jenis layang-layang tradisional dan modern dari Indonesia dan seluruh dunia. Anak-anak dapat belajar tentang seni dan budaya melalui pameran dan workshop membuat layang-layang.

Pinisi Edutainment Park

Terletak di Pasaraya Blok M, tempat ini menawarkan berbagai kegiatan edukatif seperti sains, seni, dan kerajinan tangan. Anak-anak dapat belajar sambil bermain di lingkungan yang aman dan menyenangkan.

Setiap tempat wisata ini menawarkan pengalaman belajar yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan anak-anak. Demikian liburan edukatif di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan buah hati tercinta, semoga membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya