Jurusan Kuliah Diploma Menjanjikan di Masa Depan, Punya Prospek Karier Luas hingga Gaji Besar

Ilustrasi jurusan kuliah diploma yang menjanjikan di masa depan
Sumber :
  • http://dipity.com

VIVA EDUKASI –  Pendidikan Diploma merupakan salah satu perguruan tinggi yang bisa dipilih setelah tamat dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Perguruan tinggi menyediakan dua jenis pendidikan diploma, yakni diploma 3 (D3) dan diploma 4 (D4). 

Daftar Mobil yang Cicilannya Setara Gaji UMR, Ada Fortuner dan Pajero Sport

Perbedaan keduanya berada pada lama masa studi yang mana D3 selama tiga tahun sementara D4 adalah empat tahun. Selain itu gelar diploma 4 setara dengan sarjana (S1). Sementara D3 harus mengambil pendidikan ekstensi sehingga sepadan dengan S1. 

Mengutip Forbes, lulusan diploma mempunyai peluang karir yang lebih terbuka dan menawarkan gaji kompetitif dibandingkan lulusan sarjana. Hal itu perlu ditopang dengan sertifikasi kompetensi yang relevan, pengalaman, serta upgrade skill sehingga menjadi nilai tambah bagi lulusan diploma. 

Intip 10 Jurusan Kuliah Baru dan Unik, Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

Lulusan jenjang diploma lebih mudah mendapat pekerjaan karena banyak dilirik oleh perusahaan. Alasannya lulusan diploma memiliki keterampilan praktek lebih daripada lulusan sarjana. Mahasiswa diploma berorientasi pada keahlian suatu bidang pekerjaan. Sementara mahasiswa sarjana lebih mendalami dari sisi teori. 

Ilustrasi virus komputer.

Photo :
  • techiezone.in
Anti Hitung-hitungan, 7 Jurusan Kuliah Ini Jauh dari Mata Pelajaran Matematika

Tertarik? Simak jurusan kuliah Diploma yang menjanjikan di masa depan.

Jurusan Kuliah Diploma Menjanjikan di Masa Depan

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika jadi studi dengan peluang besar di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya karena jurusan favorit ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Gaji yang ditawarkan pun sangat kompetitif bahkan terbilang jadi lulusan dengan upah fresh graduate tertinggi lho.

Lulusan jurusan Teknik Informatika untuk jenjang Diploma akan diberikan dengan keahlian pemrograman, jaringan komputer hingga pengembangan perangkat lunak. Kemampuan tersebut dibutuhkan di berbagai sektor karir, seperti industri, pemerintahan, jasa, keuangan, dan sebagainya.

Sudah cukup banyak PTN terbaik di Indonesia yang membuka jurusan ini antara lain Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Cilacap, Universitas Sebelas Maret, dan lainnya.

2. Akuntansi

Akuntansi jadi jurusan kuliah menjanjikan yang bisa diambil pada jenjang Diploma. Kemampuan mengelola keuangan dengan bijak selalu dibutuhkan setiap perusahaan. Lulusan diploma Akuntansi dapat bekerja sebagai sebagai akuntan, auditor, tax consultant, dan lain sebagainya.

Lulusan Akuntansi memiliki peluang kerja yang stabil di berbagai sektor, seperti perusahaan swasta, BUMN, lembaga pemerintah, dan kantor akuntan publik. Gaji untuk lulusan Akuntansi juga tergolong tinggi.

Kampus yang menawarkan jurusan Akuntansi di jenjang Diploma, yaitu Universitas Tidar, Vokasi Akuntansi Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Medan, dan sebagainya.

Ilustrasi tagihan uang

Photo :
  • Istimewa

3. Teknik Mesin

Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan tertua di dunia dan selalu dibutuhkan dalam berbagai industri. Lulusan jurusan kuliah ini dapat bekerja sebagai operator, teknisi, supervisor dan jabatan penting di bidang manufaktur, otomotif, penerbangan, dan lain sebagainya.

Lulusan Teknik Mesin memiliki peluang kerja yang luas di berbagai sektor, baik di dalam maupun luar negeri. Upah yang diterima lulusan diploma Teknik Mesin juga tergolong tinggi lho. Fresh graduate saja bisa mendapat gaji di atas UMR.

Kamu bisa mengambil jurusan favorit ini di Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Negeri Medan, Politeknik Negeri Semarang, dan lainnya.

Teknisi Hino menangani mesin diesel common rail.

Photo :
  • Dok: HMSI

4. Desain Grafis

Di era digital membuat kebutuhan akan desainer grafis semakin meningkat. Hal itu karena perusahaan memerlukan tenaga kerja yang mampu mengelola publikasi dalam bentuk grafis yang menarik. Misalnya pembuatan website, desain konten media sosial, desain materi iklan, dan sebagainya. 

Lulusan diploma Desain Grafis memiliki kemampuan akan hal itu. Sehingga berpeluang berkarir di agency kreatif, perusahaan media hingga startup. Gaji yang didapatkan tergolong besar apalagi mereka bisa mengambil pekerjaan sampingan untuk freelance. 

Jurusan diploma desain grafis tersedia di Politeknik Negeri Media Kreatif, Vokasi Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, dan lainnya.

Ilustrasi desainer atau kantor.

Photo :
  • Pixabay

5. Fisioterapi

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan membuat kebutuhan akan tenaga fisioterapis semakin meningkat.  Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai fisioterapis di rumah sakit, klinik fisioterapi, puskesmas, hingga membuka praktik mandiri. 

Jurusan ini mempunyai kemampuan untuk membantu memulihkan cedera dan membantu meningkatkan kualitas hidup. Khususnya kalangan lanjut usia (lansia), atlet, dan sport enthusiast. 

Kampus yang membuka jurusan diploma Fisioterapi antara lain Vokasi Universitas Indonesia, UPN Veteran Jakarta, Politeknik Kesehatan Jakarta III, Universitas Airlangga dan lain-lain.

Ilustrasi perawat/suster/caregiver.

Photo :
  • Freepik/jcomp

6. Farmasi

Industri farmasi terus berkembang untuk menghasilkan obat-obatan dan produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Hal itu selaras dengan munculnya penyakit baru. Sehingga praktisi kesehatan pun terus melakukan penelitian untuk menemukan solusi atas masalah kesehatan tersebut. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai apoteker, analis farmasi, pharmaceutical sales representative. Sementara peluang kerjanya pun luas antara lain apotek, rumah sakit, industri farmasi, dan lembaga pemerintah (BPOM). 

Bagi kamu yang berminat bisa memilih jurusan ini di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, Poltekkes Bandung, Universitas Pelita Harapan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya