10 Jurusan Kuliah Paling Favorit di Indonesia, Kariernya Lebih Menjanjikan

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Edukasi – Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan penting bagi calon mahasiswa. Di Indonesia, ada beberapa jurusan yang menjadi favorit karena peluang kerja yang luas dan prospek karier yang menjanjikan. 

Masa Kuliah Mahasiswa Bisa Dipersingkat Lewat Program RPL

Banyak calon mahasiswa yang dibuat bingung dalam menentukan jurusan terbaik untuk masa depannya kelak. Tak heran, jika banyak dari mereka begitu mempertimbangkan dengan begitu matang antara bakat, minat, kemampuan dengan kenyataan terkait peluang pekerjaan yang akan didapatnya kelak.

Jadi memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi memang bukan perkara mudah. Sebagai saran, sebaiknya Anda bisa memilih jurusan kuliah yang tepat, sesuai dengan keahlian yang ada di dalam diri Anda sendiri. Sehingga, ke depannya dapat dengan mudah untuk diasah agar jadi tenaga ahli yang kompeten di kemudian hari. 

Hepcon 2024 Digelar, Ratusan Universitas Berpartisipasi

Banyaknya jurusan di bidang tertentu dan sehubungan juga dengan teknologi yang kian berkembang jadi salah satu faktor untuk menentukan jurusan kuliah dengan tepat.  Berikut ini terdapat daftar jurusan kuliah favorit paling banyak diminati yang bisa jadi pertimbangan Anda, dilansir dari berbagai sumber;

Gegara Live TikTok Sambil Bersetubuh dengan Mantan Pacar, Wanita di Sidrap Kini Diamankan

Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Mengingat pesatnya perkembangan teknologi, jurusan ini sangat diminati. Lulusan biasanya bekerja sebagai programmer, software developer, atau IT consultant.

Jurusan Kedokteran

Jurusan ini selalu menjadi favorit karena prospek menjadi dokter yang terjamin dan dihormati. Proses pendidikannya panjang, tetapi sangat diminati.

Jurusan Manajemen dan Bisnis

Jurusan ini menawarkan pengetahuan tentang manajemen perusahaan dan keterampilan bisnis. Lulusannya bisa bekerja di berbagai sektor industri, dari perbankan hingga perusahaan multinasional.

Jurusan Hukum

Lulusan jurusan ini bisa menjadi pengacara, notaris, atau bekerja di bidang pemerintahan dan perusahaan swasta. Prospek kariernya luas dan beragam.

Jurusan Akuntansi

Jurusan ini sangat diminati karena semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk mengelola keuangan mereka. Lulusannya bisa bekerja di berbagai sektor industri.

Jurusan Teknik Sipil

Dengan banyaknya proyek infrastruktur di Indonesia, jurusan ini sangat populer. Lulusan bekerja sebagai insinyur sipil, manajer proyek, atau konsultan teknik.

Jurusan Psikologi

Jurusan ini menarik minat banyak orang karena keterkaitannya dengan pemahaman perilaku manusia. Lulusan bisa bekerja sebagai psikolog, konselor, atau HRD.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Dengan meningkatnya kebutuhan akan konten visual, jurusan ini menjadi favorit. Lulusannya bisa bekerja sebagai desainer grafis, animator, atau kreator konten.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ini sangat diminati karena peluang kerjanya yang luas, mulai dari jurnalis, PR, hingga bekerja di media dan periklanan. Meskipun sering kali dipandang remeh oleh sejumlah orang, jurusan ini adalah salah satu yang jadi favorit dari calon mahasiswa baru.

Jurusan ini mengajarkan proses penyampaian pesan secara efektif agar bisa diterima dengan baik oleh khalayak umum. Lulusannya banyak yang bekerja di industri media dan entertainment, bisa juga bekerja sebagai humas, jurnalis, konten kreator sampai penyiar.

Jurusan Pendidikan

Banyak yang memilih jurusan ini karena ingin menjadi pendidik dan berkontribusi pada dunia pendidikan. Lulusannya bisa menjadi guru atau dosen. Jurusan Pendidikan jadi salah satu tolak ukur SDM di suatu daerah. 

Memilih jurusan kuliah sebaiknya didasarkan pada minat, bakat, dan prospek karir yang diinginkan. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan akreditasi dan reputasi universitas yang menawarkan jurusan tersebut. Semoga informasi ini membantu dalam menentukan pilihan jurusan yang tepat!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya