Meniti Perjalanan dari Kelas Hingga Lapangan, Praja IPDN dalam Latsitardanus 2024

IPDN Gelar Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus)
Sumber :
  • ist

VIVA Edukasi – Sebanyak 200 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bergabung dalam Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIV tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur. Mereka bergabung dengan 1.188 peserta lainnya, termasuk taruna dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol), Politeknik Keamanan Laut (Poltek SSN), dan Universitas Pertahanan (Unhan). 
Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema "Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kaltim yang Maju dan Unggul". Scroll lebih lanjut ya.

Prof Bus Dipecat karena Kritis Tolak Dokter Asing, Begini Kata Rektor Unair

Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M, dalam upacara pembukaan Latsitardanus di Lapangan Merdeka Pertamina Balikpapan, menyatakan bahwa kegiatan ini penting sebagai pembekalan sebelum menyelesaikan pendidikan. 

40.000 Kuota CPNS di IKN, Warga Kalimantan Dapat Jatah 5 Persen

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan, dari tanggal 6 Mei sampai dengan 5 Juni. Selain 200 orang praja, IPDN juga menyertakan 25 pengasuh untuk turut serta dalam kegiatan,” katanya.

Peserta Latisitarda ini akan bertugas di tempat masing-masing setelah selesai. Mereka akan dibagi menjadi empat satuan latihan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Praja IPDN akan melakukan berbagai kegiatan pengabdian dan karya bakti seperti perbaikan infrastruktur, pembersihan lingkungan, dan penyuluhan sosial.

Majelis Dewan Guru Besar PTN-BH Kumpul di USU, Bahas Apa?

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan bahwa kegiatan ini penting untuk membangun integrasi dan kerja sama, sementara Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo., M.Si menekankan pentingnya melaksanakan kegiatan fisik dan sosial kemasyarakatan untuk mempersiapkan Kalimantan Timur yang maju dan unggul.

IPDN Gelar Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus)

Photo :
  • ist

Sebelumnya, seluruh peserta diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada tanggal 30 Mei menggunakan kapal perang. Setelah tiba di Balikpapan, mereka mengikuti upacara pembukaan dan kirab peserta Latsitarda sebagai bagian dari rangkaian kegiatan. Rektor IPDN, Hadi, berharap peserta dapat menjalankan kegiatan ini dengan ikhlas, sungguh-sungguh, dan penuh tanggung jawab sebagai abdi negara dan calon pemimpin masa depan.

"Seluruh peserta Latsitarda ini merupakan abdi negara dan para calon pemimpin yang dituntut untuk dekat dengan masyarakat, maka kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan para praja maupun taruna kepada masyarakat. Jadi saya harap, peserta dapat menjalankan kegiatan ini dengan Ikhlas dan sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung jawab," kata Hadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya