Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024
Sumber :
  • Antara

VIVA – Empat mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meraih gelar juara dunia dalam ajang kompetisi internasional, yaitu The Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge (GSC) 2024.

Kolaborasi All dan BPDPKS Demi Persiapkan Komersialisasi Teknologi di Sektor Sawit

Mereka tergabung dalam Tim Santapura Sanctuary, yang dipimpin oleh Bayu Dewanto, mahasiswa Teknik Sipil, bersama Fransiskus Adinda Rio, Daffa Aliyo Ghinannafsi (keduanya juga mahasiswa Teknik Sipil), dan Alexander Ganesh, mahasiswa Arsitektur.

Seperti dilansir dari Antara, Selasa 30 April 2024, tim ini mengusung perusahaan bernama Santapura Sanctuary, yang menawarkan produk utama berupa SafeHut dan SafeHut Q. SafeHut adalah shelter lipat, modular, dan semipermanen yang dapat menampung 4-6 orang.

Heru Budi Minta Penerima KJP dan KJMU Tak Main Judi Online

Di samping itu, terdapat pula SafeHut Q, yang merupakan shelter komunal dengan fasilitas edukasi untuk anak-anak dan dapur komunal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga.

Pendekatan yang diambil oleh Santapura Sanctuary berfokus pada penyediaan tempat tinggal yang mudah dirakit dan tahan lama untuk bantuan langsung, sambil memperkuat kohesi sosial dan jaringan dukungan di antara populasi yang terdampak.

BSI Buka Program Magang untuk Mahasiswa Luar Negeri

Tujuannya adalah mengubah lokasi darurat menjadi komunitas yang berkelanjutan. Pada kompetisi tersebut, tim UI berhasil mengungguli 40 tim dari 20 negara lainnya.

Universitas Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Profesor Mohammed Ali Berawi, sebagai pembimbing tim, menekankan bahwa inovasi ini menunjukkan komitmen UI untuk memberikan solusi berkualitas dan berkelanjutan dalam menghadapi situasi darurat. Harapannya, inovasi shelter ini dapat memberikan kontribusi positif dalam penanganan dan pemulihan pengungsi serta pasca bencana.

Dekan FTUI, Profesor Dr. Ir. Heri Hermansyah, menyatakan bahwa pencapaian Tim Santapura Sanctuary adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras mereka, didukung oleh para dosen pembimbing dan senior-seniornya. Tim ini diundang untuk mempresentasikan inovasinya pada CIOB Members’ Forum di Cape Town, Afrika Selatan, bulan Juni mendatang.

Dalam perancangan shelter ini, tim UI memastikan keterjangkauan biaya tanpa mengorbankan kualitasnya. Komponen-komponen SafeHut dapat diproduksi dalam waktu 48 jam dan dirakit hanya dalam 25 menit per unit. Selain itu, SafeHut menggunakan bahan yang tahan lama, dapat didaur ulang, dan ramah lingkungan.

Menurut Direktur Pemasaran CIOB, Kate Macbeth, desain modular tim UI sangat praktis, fleksibel, dan dapat memenuhi kebutuhan individu maupun komunal. Para juri kompetisi juga memberikan apresiasi atas desain SafeHut yang efektif dan cocok untuk berbagai situasi bencana, serta peningkatan yang berhasil dilakukan oleh tim UI setelah mempertimbangkan pesaing lainnya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya