Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka
Sumber :
  • VIVA | Erdika Kendari tvOne

Kolaka – Sebuah bangunan Sekolah Dasar SD Negeri 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kelurahan Kolakasi, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Rabu kemarin 24 April 2024.

Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Dari pantauan di lokasi, terlihat material tanah dan air masuk ke dalam kelas hingga memporak-porandakan seluruh fasilitas di dalam ruangan.

Menurut Kepala Sekolah SDN 4 Kolakasi, Mustafa, kejadian itu diakibatkan guyuran hujan dengan intensitas tinggi selama berjam-jam lamanya. Kondisi itu diperparah dengan kontruksi talud yang berada di belakang sekolah yang tidak mempunyai resapan air.

Bea Cukai Kemas Edukasi Ketentuan tentang Cukai dengan Beragam Kegiatan

"Ini akibat cuaca dan saya lihat juga kontruksi talud yang seharusnya talud itu menggunakan resapan air, tapi ini tidak ada resapan air sehingga pada saat hujan tertampung banyak hingga tanah bergeser bergerak," ungkapnya.

Jejak Inspiratif Timothy Ronald, Gemar Berbagi hingga Bangun Sekolah di Pelosok Negeri

Tercatat ada dua kelas yang mengalami rusak parah dimana dinding kelas tersebut roboh hingga material tanah masuk ke dalam ruangan.

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban.

"Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua, apalagi di dua kelas ini ada 80 orang siswanya," kata Mustafa.

Akibat kejadian ini maka seluruh siswa yang kelasnya mengalami kerusakan akan dipindahkan sementara ke ruang kelas alternatif.

"Ini kelas 4B dan 5A yang roboh. Minggu depan ini ada ujian anak sekolah, jadi yang ikut ujian dipindahkan ke kelas lain dulu," tutupnya.

Saat ini pejabat kabupaten telah melakukan peninjauan di lokasi dan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pembersihan dan perbaikan talud dan bangunan sekolah.

Laporan: Erdika Kendari tvOne

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya