Kompetensi Karyawan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Ilustrasi asesmen
Sumber :
  • PPM Manajemen

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Kompetensi karyawan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan.

Gaji Dwi Ayu Korban Penganiayaan oleh Anak Bos Toko Roti Ternyata Belum Dibayar

Karyawan yang kompeten akan mampu bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas. Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kompetensi didefinisikan sebagai kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

TNI AD Bantah Bekingi Anak Bos Tukang Roti yang Aniaya Karyawannya

Setiap perusahaan tentunya menginginkan karyawannya kompeten. Hal ini karena karyawan yang kompeten akan mampu berkontribusi lebih besar bagi perusahaan.

"Kompetensi karyawan berbanding lurus dengan perkembangan perusahaan. Semakin tinggi kompetensi SDM-nya, semakin produktif kinerjanya, maka semakin cepat perkembangan perusahaan untuk mencapai tujuannya," ujar Kepala Divisi Asesmen SDM PPM Manajemen, Galuh Putri Asrirani, dikutip VIVA Edukasi.

Ada Pria Telanjang Dada saat Anak Bos Toko Roti Penganiaya Karyawan Ditangkap, Siapa Dia?

Lalu bagaimana sebuah perusahaan mengetahui sekompeten apa para karyawannya? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan asesmen.

Ilustrasi kerja di kantor

Photo :
  • Pixabay

Asesmen merupakan proses menghimpun informasi terkait partisipan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan syarat kompetensi jabatan.

Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa asesmen. Salah satunya adalah PPM Manajemen, yang telah menjadi mitra strategis pelbagai perusahaan di Indonesia sejak lebih dari tiga dekade.

Galuh menjelaskan, asesmen merupakan program untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan syarat kompetensi jabatan.

Program ini menggunakan kombinasi pendekatan untuk menghasilkan gambaran profil individu secara komprehensif, seperti Personality based Assessment, Knowledge based Assessment, dan Competency based Assessment.

Tujuan dilakukannya asesmen adalah mengidentifikasi kandidat untuk suatu tujuan tertentu seperti seleksi, promosi, maupun rotasi. Selain itu, dengan dilakukannya asesmen, perusahaan dapat mengidentifikasi gap kompetensi dari kandidat yang nantinya bisa digunakan sebagai program pengembangan.

"Dengan kata lain, program asesmen merupakan program yang diperlukan oleh setiap perusahaan dalam pengelolaan SDM-nya dan meningkatkan kapabilitasnya dalam mencapai tujuan perusahaan," tuturnya.

Kepala Divisi Riset dan Konsultasi di PPM Manajemen, Alphieza Syam

Pentingnya Model Kompetensi dalam Pengembangan Tenaga Kerja

Banyak organisasi menghadapi tantangan besar dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia mereka.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024