5 Tren Education Tech 2023, Potensi Strategis Digitalisasi Dunia Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi teknologi pendidikan (edutech).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA EdukasiTeknologi pendidikan (EduTech) sudah berkembang sebelum pandemi. Beberapa tahun terakhir telah populer untuk industri Education Tech karena sebagian besar institusi mulai beralih ke mode online, sekarang sekolah dan perguruan juga mulai merasakan manfaat yang terkait dengan pembelajaran digital.

Mengelola Emosi di Era Modern, Cara Efektif Menghindari Rasa Galau

Dengan demikian, industri EduTech diperkirakan akan meningkat pesat, bahkan ketika pandemi sudah berakhir. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Menurut perkiraan Research and Markets, industri ini akan tumbuh di angka 15,52% selama 5 tahun ke depan mencapai $605,40 miliar pada tahun 2027.

Waspadai Mata Kering pada Anak, Dampak Buruk Screen Time Berlebihan di Era Digital

“Di Indonesia, startup EduTech sendiri sedang hype dan digandrungi berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga tokoh-tokoh senior. Proyeksi kami, trennya masih akan terus meningkat,” ucap Roman Kumar Vyas, CEO & Founder Refocus Education Project.

Ilustrasi teknologi pendidikan. (foto: dok/ugm)

Photo :
  • vstory
Tips Pengasuhan Anak di Era Digital

“Ditambah pandemi yang merubah kebiasaan para pelajar dengan pendidikan jarak jauh menjadikan model pembelajaran yang ditawarkan EduTech makin relevan untuk diaplikasikan,” lanjutnya.

“Peluang baru, seperti adanya kolaborasi pemerintah dengan platform digital semakin membantu proses percepatan digitalisasi dunia pendidikan di Indonesia,” jelas Roman.

Berikut prediksi Refocus tentang 5 teknologi pendidikan yang akan tren 2023:

?    Game-based learning
Generasi Z saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar. Permainan atau aplikasi yang terdapat dalam model pembelajaran berbasis game ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan imajinasi siswa dalam berpikir.

Ada beberapa jenis Game-based learning yang sering digunakan mulai dari yang konvensional (tanpa menggunakan gadget) dan berbasis video game baik menggunakan perangkat desktop maupun mobile.

?    AR & VR
Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) semakin berkembang pesat, termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan teknologi ini, siswa dapat mengikuti pembelajaran secara imersif dengan visualisasi objek.

Penggunaan teknologi dalam sistem pendidikan memang perlu demi peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran (sumber: pingpoint.co.id)

Photo :
  • vstory

Seperti contoh, penggunaan aplikasi VR dan AR untuk mempelajari astronomi atau ilmu rasi bintang dan juga mempelajari anatomi hewan tanpa melakukan pembedahan.

?    Personalization through a data-driven approach
Pendekatan dengan menggunakan data diperkirakan akan menjadi top tren di industri edukasi teknologi, personalisasi pembelajaran berfokus pada menghubungkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan yang sudah dimiliki siswa dengan materi pembelajaran yang baru.

Data juga dapat digunakan perusahaan EdTech untuk mengaplikasikan perubahan dan perbaikan dalam pengalaman belajar siswa.

?    Blockchain analysis
Penerapan Blockchain sudah diterapkan di dunia pendidikan yang sifatnya seperti masih sederhana seperti penerbitan sertifikat elektronik yang berjalan di sistem Blockchain berbentuk Buku besar (Ledge Book).

Nantinya, segala aktivitas akan terekam di dalam jejak digital pada Ledge Book, seperti proses absensi di kelas untuk mengurangi tindakan siswa bolos di dalam kelas dan juga penerapan e-certificate yang akan menghilangkan tindakan ijazah palsu.

Indonesia harus mempunyai sumber daya manusia yang handal untuk menguasai teknologi. Sayangnya, masih ada kesenjangan antara dunia pendidikan dan kebutuhan industri.

Photo :
  • hp.com

?    Cloud-based infrastructure
Salah satu implementasi infrastruktur awan di dunia pendidikan adalah sebagai server sistem manajemen pembelajaran atau learning management system (LSM). Server ini merupakan rumah yang mampu menampung jumlah yang masif dari berbagai materi pembelajaran seperti konten video, 3D modeling hingga machine learning.

Implementasi infrastruktur awal juga memudahkan diakses secara berkala, kapan saja, di mana saja, bahkan bersamaan oleh peserta didik selama 24 jam penuh. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya, tetap juga membuat pekerjaan menjadi lebih ringan.

“Melihat perkembangan sektor EduTech di Indonesia tentu merupakan prospek yang sangat menjanjikan. Namun, perlu diingat pembelajaran digital adalah kegiatan yang sangat komprehensif dan mengharuskan kita memastikan seluruh komponen pendukung berfungsi dengan lancar termasuk berbagai perkembangan teknologi pendukung,” ucap Roman.

“Kami di Refocus sangat excited menyambut 2023, tentu Refocus akan terus terbuka akan berbagai inovasi dalam teknologi untuk memastikan pembelajaran kami tetap relevan, berjalan efektif dan semakin menarik di mata siswa dan calon siswa.” tegas Roman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya