Universitas Tadulako Tetapkan 3 Calon Rektor Periode 2023-2027

Universitas Tadulako Tetapkan 3 Calon Rektor Periode 2023-2027
Sumber :
  • antara

VIVA EdukasiUniversitas Tadulako (Untad) menetapkan tiga nama pejabat akademik sebagai calon rektor periode 2023-2027, setelah pemilihan yang dilakukan sebanyak 71 anggota Senat di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (5/10).

"Sebanyak 71 anggota Senat Untad sudah melakukan pemilihan dari enam bakal calon sekarang tersisa tiga calon rektor," kata Ketua Panitia Adam Malik di Palu, Rabu (5/10).

Dia mengemukakan tiga nama itu Profesor Amar Akbar Ali yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad, Profesor Muhammad Khairil yang kini sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik Untad dan Lufsyi Mahmudin yakni Dosen Prodi Fisika Fakultas MIPA Untad.

Profesor Heri Hermansyah Terpilih sebagai Rektor UI Periode 2024-2029

Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah.

Photo :
  • VIVA/Abdullah Hamann

Panitia Umumkan 17 Bakal Calon Rektor UI, 7 Berasal dari Eksternal

Selanjutnya, sambung Adam, tiga calon Rektor yang sudah ditetapkan itu masing-masing Prof Amar meraih 38 suara dan Prof Khairil meraih 32 suara, sementara empat bakal calon lainnya tidak mendapat satupun suara.
16 Nama Ikut Jadi Calon Rektor Universitas Pancasila, Akademisi hingga Purnawirawan TNI-Polri


Akan tetapi, dengan mekanisme yang berlaku maka ditetapkan Lufsyi Mahmudin sebagai calon Rektor ketiiga yang akan diserahkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta.

"Tiga nama itu akan diserahkan ke Kemendikbudristek untuk memperoleh hak suara sebanyak 35 persen," jelasnya.

Adapun berdasarkan jadwal tahapan pemilihan rektor Untad, tiga nama itu akan digodok selama empat hari oleh Kemendikbudristek, mulai Kamis 6 Oktober sampai Senin 10 Oktober 2022.

"Terakhir itu rapat Senat Untad pemilihan calon rektor terpilih dilaksanakan Minggu, 16 November 2022," demikian Adam. (antara)