Aptisi: Roh UU Guru-Dosen Harus Ada dalam RUU Sisdiknas

Ilustrasi Demo tolak RUU Sisdiknas
Sumber :
  • antara

VIVA Edukasi – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) meminta pemerintah agar memasukkan roh Undang-Undang Guru dan Dosen dalam Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

Keputusan Tepat RUU Sisdiknas Hilangkan Mapel Bahasa Inggris di SD

“Seharusnya roh dari UU Guru dan Dosen dimasukkan dalam RUU Sisdiknas,” ujar Ketua Umum Aptisi Prof Budi Djatmiko, di Jakarta, Senin.
 

RUU Sisdiknas tersebut, lanjut dia, juga akan mengancam pendidikan beragama serta sertifikasi guru dan dosen. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan aksi selama tiga hari mulai tanggal 27 hingga 29 September 2022.

Tolak RUU Sisdiknas, DPR Dinilai Dengarkan Aspirasi Guru

Pihaknya juga meminta pemerintah agar membubarkan LAM PT yang berorientasi bisnis dan minta agar dijadikan tidak wajib dan bisa memperpanjang izin.
 

“Tuntutan kami lainnya adalah bubarkan komite uji kompetensi yang tidak sesuai UU dan kembalikan ke perguruan tinggi. Selain itu juga audit kinerja penggabungan PTS yg bertahun-tahun tidak selesai, dan perizinan prodi yang lambat dan merugikan PTS. Terakhir, naikkan KIP untuk PTS kecil, dan transparan dalam pembagian,” kata dia.

Forum Rektor: RUU Sisdiknas Harus Komprehensif

Aptisi juga mendesak agar ujian mandiri PTN dihapuskan, karena merupakan celah korupsi rektor PTN, melemahkan kualitas PTN, dan merugikan PTS. (antara)

Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar

Kata Pengamat Pendidikan Soal RUU Sisdiknas Tak Masuk Prolegnas

Keputusan DPR untuk tak memasukkan RUU Sisdiknas ke Prolegnas menuai apresiasi dari beberapa pihak, termasuk dari pengamat pendidikan.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2022