Simak Apa itu Rumus Sumif dan Cara Menggunakannya
- uakron.edu
VIVA – Rumus Sumif merupakan salah satu fungsi di Microsof Excel yang cukup sering digunakan, terutama dalam pembuatan laporan. Hal ini sangat membantu dalam pembuatan laporan dengan berbagai perhitungan, sehingga para penggunanya tak perlu repot menghitung penjumlahan banyak angka secara manual.Â
Simak apa itu rumus Sumif dan cara menggunakannya :Â
Apa itu rumus Sumif
Fungsi rumus Sumif merupakan gabungan dari 2 fungsi Excel, yaitu fungsi SUM dan IF, yang mungkin sudah banyak yang menggunakan.Â
Sama seperti rumus Excel lainnya, rumus Sumif dapat digunakan dan akan membantu lebih cepat dalam pengolahan data.Â
SUM
Dapat dikatakan bahwa rumus excel yang paling populer adalah rumus SUM. SUM memiliki fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
IF
Sementara, fungsi IF ini adalah salah satu fungsi rumus excel yang paling sering digunakan. Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE.
SUMIF
Rumus fungsi SUMIF merupakan rumus gabungan dari 2 fungsi excel yaitu SUM dan IF. SUM berguna untuk melakukan penjumlahan dan IF berguna untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE.
Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan rumus penjumlahan dengan kriteria tertentu. Pengguna dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
Rumus Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF memiliki sintaks atau rumus sebagai berikut:
SUMIF(range, criteria, [sum_range])
catatan rumus Sumif :Â
- range
Range merupakan rentang sel yang akan dievaluasi menurut kriteria. Sel di setiap rentang harus merupakan angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar .
- kriteria
Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan. Misalnya, kriteria dapat diekspresikan sebagai 32, ">32", B5, "32", "apples", atau TODAY().
Kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda ("). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.
- sum_range (Opsional)
Sum range merupakan sel aktual untuk ditambahkan, jika kamu ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang. Jika argumen sum_range dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan). Jadi, secara singkat fungsi rumus Sumif adalah rumus yang dapat digunakan untuk enjumlahkan angka – angka dai entri – entri data, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.Â
Cara Menggunakan Fungsi SUMIF
Gunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai di dalam rentang yang sesuai kriteria yang telah tentukan. Berikut langkahnya:
- Pilih sel
- Ketik = SUMIF (
- Klik dan seret sel untuk menganalisis.
- Masukkan kategori yang ingin kamu temukan.
- Klik dan seret sel untuk range.
- Tekan Enter.
Bagaimana jika terjadi eror atau kesalahan? Banyak faktor yang dapat menyebabkan kesalahan atau hasil yang eror. Namun, salah satu dari faktor - faktor inilah yang seringkali menjadi penyebabnya.
a. Pengguna tidak memasukkan cell range data dan angka dengan benar. Lihat lagi input cell range yang telah diinput dan pastikan sudah memasukkan input cell range dengan benar. Mungkin pengguna salah memberikan koordinat cell pada bagian input SUMIF yang satu ini.
b. Pengguna salah menuliskan kriteria. Cek lagi input kriteria.
c. Pengguna tidak memasukkan input cell range SUMIF secara paralel dan/atau ukurannya tidak sama. Ini dapat membuat pengguna mendapatkan hasil yang tidak terduga atau bahkan sebuah eror.Â