Simak! Pembukaan UMPTKIN 2022 Hari Ini, Lengkap dengan Alurnya

UMPTKIN 2022
Sumber :

VIVA – Pembukaan UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 2022 resmi dibuka hari ini, tepatnya pada hari Senin (25/4/2022). Dibukanya pendaftaran UMPTKIN 2022 ini resmi digongkan pada siang hari ini, yakni tepatnya pukul 13.00 WIb.  

Masinton Gagal Nyalon, NasDem Minta KPU Jangan Langgar Aturan Buka Pendaftaran Kembali

Sebagai informasi saja, jika proses pendaftaran UMPTKIN ini dijadwalkan berlangsung hingga pada tanggal 4 Juni 2022. Menurut Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Imam Taufik mengungkapkan, jika UMPTKIN 2022  ini dapat diikuti lulusan MA/MK/SMA/SMK/ Satuan pendidikan atau yang setara pada tahun 2020, 2021,dan 20622

"Lulusan tahun 2020 dan 2021, harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat.  Sedangkan lulusan tahun 2022 dipersyaratkan memiliki Surat Keterangan Lulus dari kepala satuan pendidikan,” jelas Imam Taufiq yang juga mrupsknRektor UIN Walisongo, dikutip Senin (25/4/2022).

DPR Minta Syarat Pendaftaran CPNS Dipermudah: Jangan Mempersulit Masyarakat

Tidak hanya itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN pun mengungkapkan, jika ini tidak ada berbedanya dengan tahun sebelumnya.  Di mana ujian pada saat itu masih menggunakan Sistem Seleksi Elektronik(SSE). Di mana sistem ini menggunakan perangkat komputer atau gadget (handphone), serta dapat dilakukan dari berbagai lokasi masing-masing peserta.

Bagi para peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses link pendaftaran  UM-PTKIN 2022 melalui laman https://um-ptkin.ac.id/. Pendaftaran dilakukan secara online atau daring, dan dijamin mudah untuk diakses.

Pendaftaran Diperpanjang, Paslon Tunggal di 6 Kabupaten Sumut Lawan Kotak Kosong

Adapun alur pendaftaran untuk mengikuti proses UMPTKIN 2022, ada seperti berikut ini:

1. Bagi calon peserta yang mendaftar dan mengisi biodata secara online di um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

2. Calon peserta wajib melakukan pembayaran di Bank BNI atau Bank lainnya

3. Tidak hanya itu, peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

4. Kemudian, jangan lupa untuk melanjutkan pendaftaran online dengan mengisi formulir online di um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi dan lokasi ujian hingga cetak kartu ujian.

5. Bagi para peserta, Anda bisa mengikuti ujian SSE di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Nah, rasanya tidak lengkap jika alur pendaftaran dan pembukaan  UMPTKIN 2022 tidak disertai dengan jadwal pelaksanaan yang harus kita garis bawahi agar tidak tertinggal.

Jadwal Pelaksanaan UMPTKIN 2022

- Pendaftaran/Pembayaran : 25 April - 4 Juni 2022

- Finalisasi Pendaftaran : 25 April - 4 Juni 2022

- Pelaksanaan Ujicoba SSE : 07 - 10 Juni 2022

- Pelaksanaan Ujian : 14 - 17 Juni 2022

- Pengumuman : 30 Juni 2022

Itulah tadi sekilas informasi penting terkait pembukaan UMPTKIN 2022 yang resmi dibuka pada hari ini. Semoga informasi ini bisa membantu dan memberikan solusi rasa ketidaktahuan Anda. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya