Rumus Volume Kubus, Contoh Soal dan Sifatnya

Kubus
Sumber :
  • Berbagai sumber

VIVA – Rumus volume kubus menjadi salah satu rumus Matematika yang banyak dicari. Seperti diketahui, kubus adalah sebuah bangun yang terdiri dari 6 bidang datar dalam sebuah kongruen, secara mudahnya pengertian dari kubus adalah bagian yang tersusun dari dari bagian sisi dan rusuk yang keduanya berbentuk persegi dan sama panjang. Contoh bangunan yang sering kita jumpai dan memiliki bentuk kubus adalah dadu, rubik, kardus, brankas.

PUPR Catat Volume Tampungan Bendungan di Pulau Jawa Berkurang Karena El Nino

Rumus Volume Kubus

Dalam KBBI, volume diartikan sebagai isi atau besarnya benda ruang. Oleh karena itu rumus volumenya disusun sebagai berikut:

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Keterangan: V= volume ( ); s= panjang rusuk (m).

Rumus volume kubus: V = s x s x s atau V = s3.

Lonjakan Volume Kendaraan di Tol Indrapura-Lima Puluh dan Binjai-Stabat Sumut

Rumus ini juga sebenarnya termasuk rumus yang gampang sih buat diingat atau dihafal. Perlu diingat bahwa hanya bangun ruang yang mempunyai volume, bangun datar tidak mempunyai volume. 

Contoh Soal:  Berapakah volume kubus yang panjang rusuknya adalah 18 cm?  Jawaban: Ingatlah bahwa rusuk dan sisi adalah satu hal yang sama.  Volume kubus = sisi x sisi x sisi = 18 x 18 x 18 = 5.832 cm³

Sifat-sifat Kubus

Seperti yang anda ketahui bahwa setiap bentuk bangunan pastilah memiliki sifat, berikut adalah sifat-sifat kubus yang harus anda ketahui:

  1. Kubus memiliki 12 sisi yang sama panjang
  2. Selain itu kubus juga terdiri dari 12 diagonal bidang
  3. Ada 8 buah titik sudut
  4. Terdiri dari 6 sisi yang berbentuk persegi dengan ukuran yang sama besar
  5. Memiliki 4 diagonal ruang

Unsur Pembentuk Kubus Sisi atau bidang

  1. Sisi kubus adalah bidang yang membatasi kubus. Ada enam buah sisi yang berbentuk persegi ABCD (sisi bawah), EFGH (sisi atas), ABFE (sisi depan), CDHG (sisi belakang) BCGF (sisi samping kiri), dan ADHE (sisi samping kanan). 
  2. Rusuk: Rusuk kubus merupakan garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus. Sisi kubus memiliki sama luas satu sama lain. Kubus ABCD.EFGH memiliki 12 buah rusuk yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, BF, CG, dan DH.
  3. Titik sudut: Titik sudut kubus merupakan titik potong antara dua rusuk kubus ABCD.EFGH yang memiliki 8 buah titik sudut yaitu titik A,B,C,D,E,F,G, dan H. 
  4. Diagonal : Selain sisi, rusuk, dan titik sudut pada diagonal. Ada tiga diagonal kubus yaitu diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal.
  • Diagonal bidang: Kubus ABCD.EFGH terdapat garis AF yang menghubungkan kedua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu sisi atau bidang. Ruas garis ini dinamakan diagonal bidang.
  • Diagonal ruang: Kubus ABCD.EFGH memiliki ruas garis HB yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang. Ruas garis itu disebut diagonal ruang.
  • Bidang diagonal: Pada kubus ABCD.EFGH memiliki dua buah diagonal bidang yaitu AC dan EG. Diagonal bidang AC dan EG beserta dua rusuk kubus yang sejajar, yaitu AE dan CG membentuk suatu bidang diagonal di dalam ruang kubus yaitu bidang ACGE
     

Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan adalah jumlah permukaan yang memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhana dapat digambarkan dengan jumlah luas pada permukaan sebuah objek. Perlu diingat, satuan dari luas permukaan tidak mutlak dalam meter (m), biasanya mengikuti permintaan dari soal, jika soal minta dalam satuan cm, maka di hitung dalam cm. Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kubus terdiri dari 6 persegi yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itu luas permukaan dari kubus secara sederhana bisa dikatakan sama dengan 6 x luas persegi.

Contoh Soal Luas Permukaan

1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Hitunglah luasnya!

Jawab: Diketahui : s = 10 cm

L = 6 x s2

L = 6 x 10 x 10

L = 600 cm2

Luas permukaan kubus adalah 600 cm2..

Macam-macam bangun ruang

Terdapat dua jenis bangun ruang yang kemudian dikelompokkan dua golongan besar. Yakni, bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Berikut penjelasanny:

Bangun ruang sisi datar

1. Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi yang berbentuk persegi. Kubus mempunyai enam sisi yang berukuran sama (kongruen), mempunyai delapan titik sudut, dan dua belas rusuk yang sama panjang.

2. Balok

Balok itu merupakan bangun ruang sisi datar yang memiliki tiga pasang sisi yang saling berhadapan. Tiga pasang sisi tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama.

3. Prisma

Bangun ruang berikutnya adalah prisma. Prisma adalah bangun ruang yang punya bidang alas dan bidang atas sejajar serta kongruen (berukuran sama).

4. Limas

Dilansri dari Ruang Guru, Limas merupakan bangun ruang yang alasnya berbentuk segibanyak (segitiga, segiempat, segilima, dan lain-lain). Pada limas, bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik.

Bangun ruang sisi lengkung

1. Tabung

Tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut.

2. Kerucut

Bangun ruang sisi lengkung berikutnya adalah kerucut. Kerucut bangun ruang sisi lengkung yang menyerupai limas segi-n beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.

3. Bola

Pernah menendang bola sepak atau bola basket? yah bola yang digunakan dalam dua olahraga tersebut merupakan salah satu bangun ruang sisi lengkung. Pengertian bola sendiri adalah suatu bangun tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran dengan jari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama.

Sifat-sifat Bangun Ruang

Seperti yang anda ketahui bahwa bangun ruang terdiri dari beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis dan sifat-sifat bangun ruang:

1.       Bangun Ruang Balok dan Sifatnya

  • Bangun ruang yang pertama adalah balok, berikut adalah sifat-sifat bangun ruang balok:
  • Terdiri dari 4 sisi yang berbentuk persegi panjang
  • Memiliki 4 jumlah rusuk yang berukuran sama
  • Terdiri dari 2 sisi yang berbentuk sama
  • Jumlah ukurannya p x l x t

2.       Bangun Ruang Tabung dan Sifatnya

  • Bangun ruang yang kedua adalah tabung, tabung bersifat sebagai berikut:
  • Tabung memiliki bagian alas yang berbentuk lingkaran
  • Selain bagian alas bagian atapnya pun berbentuk lingkaran
  • Pada bagian sisi atau selimut berbentuk lengkungan

3.       Bangun Ruang Kerucut dan Sifatnya

  • Selanjutnya adalah bangun ruang kerucut, sifat bangun ruang kerucut adalah:
  • Alas kerucut memiliki bentuk lingkaran
  • Bagian sisi kerucut berbentuk melengkung
  • Bagian kerucut memiliki sebuah titik puncak atas yang semakin menyempit

4.       Bangun Ruang Limas Segitiga dan Sifatnya

  • Bangun ruang yang keempat adalah limas segitiga. Berikut adalah sifat-sifat bangun ruang limas segitiga:
  • Limas segitiga terdiri dari 6 buah rusuk
  • Terdiri dari 3 buah sisi yang berbentuk segitiga
  • Memiliki 3 jumlah rusuk yang ukurannya sama besar
  • Memiliki alas yang berbentuk segitiga

5.       Bangun Ruang Limas Segi Empat dan Sifatnya

  • Jenis bangun ruang yang terakhir adalah limas segiempat, berikut adalah sifat limas segi empat:
  • Tersusun dari 8 buah rusuk
  • Memiliki 4 buah sisi yang berbentuk segitiga
  • Memiliki 4 buah rusuk yang berukuran sama besar
  • Memiliki bagian atas yang mengerucut
  • Alas limas segi empat juga berbentuk segiempat
Seri Speaker Marshall Homeline III.

Speaker Canggih Bisa Koreksi Suara

Saat ini tidak perlu khawatir lagi karena ada speaker yang bisa mengoreksi suara dengan otomatis. Erajaya Active Lifestyle (ERAL) baru saja meluncurkan 3 speaker canggih.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2024