Indonesia Ikut Seafood Expo North America 2022

Indonesia Ikut Seafood Expo North America 2022
Sumber :
  • Yanri Subekti

VIVA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) didukung oleh KJRI New York dan KBRI Washington DC menghadirkan Paviliun Indonesia di Seafood Expo North America (SENA) di Boston Convention and Exhibition Center (BCEC) Boston,  Minggu-Selasa,(13–15/03/2022).

Pakai Aplikasi Wondr di BNI EXPO 2024, Harga Makanan Cuma Rp 7.800 dan Minuman Rp 78

Paviliun Indonesia di SENA 2022 dibuka secara resmi oleh Konjen RI New York Dr. Arifi Saiman, MA, Minggu (13/3) pukul 10.00 pagi dan juga diisi dengan sajian tarian Indonesia yang dipersembahkan oleh Sanggar Tari Nusantara Kreasindo dari New Hampshire.

Dalam acara pembukaan tersebut, Konjen RI New York Arifi Saiman menyampaikan bahwa berdasarkan data dari United States Trade Representative (USTR), sepanjang tahun 2019 hingga 2021, terdapat 35 komoditas ekspor seafood dari Indonesia di wilayah kerja KJRI New York.

Bappenas Cari Maskot untuk Promosi hingga Branding Indonesia

Wilayah itu meliputi Connecticut, Delaware, Maine, Maryland, Massachusetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, South Carolina, dan Virginia.

Menurut Arifi Saiman, ikan Cakalang fillet (Skipjack Tuna Fillets) dengan kode HS 030487 merupakan komoditas ekspor ikan dengan total value terbesar selama 3 tahun (2019 -2021), senilai di atas 38 juta dolar. 

Buka Indonesia Maju Expo & Forum 2024, Plt. Sekjen Kemendagri Dukung Penggunaan Produk Dalam Negeri

Komoditas tersebut diekspor dari Indonesia ke negara bagian New Jersey, New York, Maryland, Massachusetts, dan Virginia. Ekspor komoditas ikan jenis lainnya (tawar/laut) sekitar $100 juta.

Sementara itu, udang menjadi komoditas seafood yang memiliki total value tertinggi di wilayah kerja KJRI New York dengan nilai di atas 270 juta dolar AS.

Sebagai catatan, total ekspor ikan dan udang Indonesia ke AS tahun 2021 senilai $2.4 milyar. 

Paviliun Indonesia pada SENA 2022 terletak di main entrance north lobby (booth #36, 42, 54, 66, 69) dengan luasan 3.750 sqf yang akan diikuti oleh 5 (lima) eksportir produk perikanan yaitu PT. Fresh On Time Seafood, PT. Indo American Seafoods, PT. Muria Bahari Indonesia, PT. Aruna Jaya Nuswantara, dan PT. Indo Mina Lestari. 

Untuk sewa lahan difasilitasi KKP dan konstruksi Paviliun Indonesia menggunakan customized design yang dilengkapi dengan fasilitas demo masak dan coffee corner serta tarian daerah Indonesia dibawakan oleh diaspora Indonesia. 

Pemerintah Indonesia juga menyiapkan materi promosi berupa goodybag, buku exhibitors' profile, poster, dan souvenir serta pemasangan iklan belly band (produk perikanan) pada Expo Map.

"KJRI New York dan KBRI Washington DC selama SENA 2022, melakukan pendampingan dukungan network dan peluang transaksi kepada eksportir serta melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait antara lain The National Fisheries Institute," ujar Arifi Saiman.

Selain 5 perusahaan nasional yang berada dalam Paviliun Indonesia,  juga terdapat 1 perusahaan perikanan asal Medan Sumatera Utara PT Toba Surimi Industries berpartisipasi pada pameran SENA 2022. (Laporan Yanri Subekti (tvOne/Amerika Serikat).

Pameran Homelife Indonesia

Boyong 20.000 Produk Terbaik, 10 Pameran Homelife Indonesia Sukses Digelar Serentak di JIExpo

Pameran-pameran ini akan menampilkan lebih dari 2.000 perusahaan peserta pameran dengan lebih dari 20.000 produk berkualitas tinggi dari berbagai sektor.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2024