Himpunan Alumni IPB Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Tangerang

Penanaman Pohon Mangrove
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University kembali menggelar Gerakan Nasional Konservasi Pohon Langka Nusantara. DPP HA IPB bekerja sama dengan SEAMEO BIOTROP, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University dan Dewan Pengurus Daerah HA IPB University Provinsi Banten. Gerakan kali ini berupa Penanaman Mangrove dan Vegetasi Pantai di Kabupaten Tangerang. 

KPU Pastikan 3 Bakal Cagub-Cawagub Jakarta sudah Penuhi Syarat Administrasi

Gerakan ini sebagai dukungan terhadap program GERBANG MAPAN (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai). Kali ini, HA IPB UNiversity memberikan 5000 bibit pohon mangrove dan sejumlah pohon langka untuk ditanam di kawasan pesisir. 

Ir Fathan Kamil, Ketua HA IPB University menjelaskan, penanaman mangrove dan pohon langka dilakukan di  Kawasan Ketapang Urban Aquaculture (KUA) Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Ia mengaku, kegiatan ini merupakan salah satu cara memperkuat advokasi Himpunan Alumni IPB University.

Greeneration Foundation Target Kumpulkan Rp1,2 Triliun per Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

Lebih lanjut, ia menerangkan, prinsip utama advokasi tersebut adalah memperkuat advokasi alumni IPB University terhadap pemangku kepentingan. “Diharapkan advokasi ini tidak berhenti di pemerintah daerah saja, namun masyarakat secara aktif mengikutsertakan dirinya dalam konteks mengkonservasi lingkungan,” ujarnya dilansir VIVA dari laman ipb.ac.id.

Alumnus IPB UNiversity itu mengaku, pihaknya ingin menggerakan para alumni dari IPB University, baik di pusat maupun daerah dalam mewujudkan tanggung jawab lingkungan. Dengan demikian, akan ada kesadaran yang terbangun di masyarakat sehingga dapat memberikan kontribusi yang konsisten. 

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

“Harapannya, secara berkesinambungan kondisi ekologi di Tangerang menjadi salah satu role model pembangunan yang berbasis kepada lingkungan,” tambah Fathan Kamil.

Sementara itu, Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama and Hubungan Alumni, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan kerjasama yang telah dilakukan oleh IPB University dengan Pemerintah Tangerang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Drs Muhammad  Faisal Rasyid, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lokus obyek yang menjadi perhatian besar dari Bupati Tangerang. Ia juga mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi positif bagi masyarakat dalam penataan pembangunan wilayah pesisir. 

Ia turut mengapresiasi kehadiran civitas IPB University untuk ikut serta berperan aktif membantu pemerintah daerah dan masayrakat Tangerang dalam rangka menanam pohon. (ipb)

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat

Nawawi Pomolango Wanti-wanti Pansel Tak Ceroboh Pilih Capim KPK: Jangan Semua Birokrat!

Ketua KPK Nawawi Pomolango mengingatkan kepada Tim Pansel Capim KPK agar tidak memilih orang-orang calon pimpinan KPK hanya dari unsur pemerintahan saja

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024